oleh

Kecanduan Narkoba, Pria Ini Ngaku Mencuri Sebanyak 6 Kali

Silampari Online,

MURATARA– Sastra Wijaya Als Sas (24) mengaku sudah melakukan pencurian dengan pemberatan (Curat) sebanyak enam kali di wilayah hukum Polres Muratara. Warga Dusun I Desa Sukamenag Kecamatan Karang Jaya Kabupaten Muratara ini sering konsumsi Narkoba jenis sabu-sabu, sehingga hasil curiannya untuk membeli barang haram tersebut. Akibat perbuatannya, Sas dijebloskan ke sel tahanan Mapolres Muratara guna mempertanggung jawabkan perbuatannya.

“Pengakuan tersangka Sas bahwa sudah melakukan pencurian sebanyak 6 kali di Desa Sukamenang dan hasil dari pencurian dipakai untuk membeli narkoba jenis shabu. Karena tersangka setiap hari selalu mengkonsumsi narkoba jenis sabu,” ungkap Kapolres Muratara AKBP Eko Sumaryanto melalui Kasat Reskrim AKP Dedi Rahmat Hidayat kepada Silampari Online, Senin (5/4/2021).

Perbuatan tersangka Sas terungkap, saat korban Sunariyo (41),  Petani, warga  Dusun I Desa Sukamenang Kecamatan Karang Jaya Kabupaten Muratara melaporkan peristiwa tindak pidana pencurian dengan pemberatan di rumahnya ke pihak berwajib. Kronologis, sambung mantan Kapolsek Muara Kelingi ini, Selasa,  22 Maret 2021 sekira pukul 03.00 wib, kala itu Listrik padam dan keadaan cuaca sedang hujan deras, Joko Purnomo terbangun dan melihat bahwa TV LCD ukuran 21 Inch merek SHARP Sudah tidak ada lagi di ruang tengah.

Korban menuju arah dapur dan melihat Mesin Pompa Air Merek Sanyo juga sudah tidak ada di tempat beserta 10(sepuluh) besi telur gelundung juga hilang.

Lalu melihat pintu dapur yang sudah terbuka dan terdapat bekas congkelan pelaku.

“Atas Kejadian tersebut Korban Mengalami Kerugian Materil Sebanyak RP.3.000.000,-(Tiga Juta Rupiah),” terangnya.

Lanjut mantan Kapolsek Talang Kelapa ini, penangkapan berawal, Minggu, 4 April 2021 jam 15.00wib, korban menemui Kadus 2 Desa Sukamenang Arwandi dan menerangkan bahwa barang milik korban berada di rumah tersangka Sastra Wijaya, lalu kadus dan sekdes Sukamenang serta dibantu warga mencari tersangka di kebun karet miliknya yang berlokasi di seberang jembatan gantung Desa Sukamenang.

Setelah diinterogasi, tersangka mengakui perbuatannya lalu pelaku dan barang bukti (BB) dibawa ke rumah Sekdes Sukamenang. Tidak lama kemudian datang warga beramai ramai melaporkan bahwa sudah kehilangan barang barang berharga dirumahnya, dikarenakan warga sudah ramai dan emosi, lalu sekdes menghubungi Polsek Karang Jaya dan Polres Muratara.

Selang tidak lama kemudian anggota piket Polsek Karang Jaya bersama Tim Beruang Polres Muratara tiba di rumah Sekdes Sukamenang dan langsung mengamankan tersangka beserta BB dibawa ke Polres Muratara.

“Terangka dan BB diamankan di Mapolres Muratara. BB itu diantaranya, 1 (satu ) Linggis, 1 (satu) Unit mesin penyedot air merwk SANYO, 1 (satu ) Unit TV LCD Ukuran 21 Inch Merek SHARP. Dan tersangka akan dikenakan Pasal 363 Ayat 1 Ke 3  KUHP,” tegasnya. (Fendi/ril)