Kecuali Ulu Musi, Setiap Kecamatan di Empat Lawang Dapat Bantuan Bibit Padi

SERAH : Kabid Tanaman Pangan dan Holtikultura pada Distan Kabupaten Empat Lawang, Wawan Ismawan (kiri) secara simbolis menyerahkan bantuan bibit jagung, Jum'at (30/8/2019) bulan lalu. Foto : Istimewa/Distan Empat Lawang.

SILAMPARI ONLINE, EMPAT LAWANG – Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Empat Lawamg, melalui Bidang Tanaman Pangan dan Holtikultura, menyalurkan bantuan bibit padi dan jagung dari Kementerian Pertanian Republik Indonesia (Kementan RI) ke kelompok tani di Kabupaten Empat Lawang.

Kepala Bidang (Kabid) Tanaman Pangan dan Holtikultura pada Distan Kabupaten Empat Lawang, Wawan Ismawan kepada wartawan mengatakan, jika bibit padi dibagikan pada Selasa (11/9/2019) minggu lalu, untuk bibit jagung dibagikan pada Jum’at (30/8/2019) bulan lalu.

Muat Lebih

“Bibit padi kita bagikan untuk seluruh kecamatan di Kabupaten Empat Lawang, kecuali Kecamatan Ulu Musi. Kalau bibit jagung, itu kita fokuskan untuk kelompok tani di Kecamatan Muara Pinang saja, karena kecamatan ini merupakan wilayah sentra jagung di Kabupaten Empat Lawang,” ungkap Wawan, Minggu (15/9/2019).

Dipaparkannya, bantuan bibit padi, dibagikan untuk luasan 2,672 hektar sawah, di 9 kecamatan dari 10 kecamatan di Kabupaten Empat Lawang, sementara bibit jagung untul ditanam di sekitar seribuan hektar lahan jagung di Kecamatan Muara Pinang. “Ada sekitar 110 kelompok tani yang kita berikan bantuan bibit padi. Kalau untuk kelompok tani penerima bantuan bibit jagung, ada sekitar 40 kelompok,” paparnya.

Wawan menyebut, kelompok tani yang paling banyak menerima bantuan bibit pada adalah Kecamatan Lintang Kanan. Di kecamatan itu ada 30 kelompok penerima bantuan. “Kalau Paiker, lupa saya, kalau tidak salah ada belasan kelompok penerima bantuan. Namun yang pastinya untuk kecamatan penerima bantuan bibit padi paling banyak itu Kecamatan Lintang Kanan, ada sekitar 30 kelompok,” sebutnya.

Diakuinya, pembagian bibit padi dan jagung untuk kelompok tani di Kabupaten Empat Lawang, merupakan terobosan Bidang Tanaman Pangan dan Holtikultura pada Distan Kabupaten Empat Lawang, yang dipimpi dirinya, untuk kelompok tani di Bumi Saling Keruani Sangi Kerawati.

“Pada awalnya, bantuan bibit padi untuk Kabupaten Empat Lawang dari Kementan RI itu hanya untuk sekitar seribu hektar, karena ada upaya kita Alhamdulillah, bantuan bibit padi ditambah menjadi untuk 2,672 hektar. Kalau jagung itu memang untuk difokuskan hanya Muara Pinang saja,” tukasnya. (HS-05)