Kekurangan Guru

Silampari Online

EMPAT LAWANG – Kabupaten Empat Lawang, hingga saat ini masih kekurangan tenaga guru, terutama guru yang berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Muat Lebih

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadisdikbud) Kabupaten Empat Lawang, Rita Purwaningsih melalui Kabid Pembinaan Ketenagaan, Arbanu mengatakan, kekurangan tenaga guru di Kabupaten Empat Lawang, sebanyak 1,600 guru.

“Berdasarkan data 2018 lalu, kita masih kekurangan guru sebanyak 1,600 orang. Angka tersebut masih sangat banyak dan setiap tahun kekurangan itu terus bertambah, karena ada peningkatan jumlah peserta didik setiap tahunnya,” kata Arbanu.

Menurut Arbanu, kebutuhan guru itu tergantung jumlah rombongan belajar (Rombel). “Karena rombel terus bertambah, otomatis kekurangan jumlah pengajar juga bertambah,” jelasnya.

Disampaikannya, kekurangan guru juga berdasarkan bidang studi. Untuk seluruh sekolah di Empat Lawang, kekurangan guru terjadi pada guru bimbingan penyuluh konseling atau biasa disebut guru bimbingan konseling (Guru BP). 

“Selanjutnya, guru olahraga dan guru kesenian untuk SD dan SMP, kita masih kurang,” cetusnya.

Disinggung rasio guru dengan jumlah murid, Arbanu menyebut Disdikbud Kabupaten Empat Lawang, kembali akan mendata.

“Sejauh ini memang ada penumpukan guru di suatu wilayah, tapi itu tidak seberapa. Yang pastinya kita masih kekurangan tenaga guru untuk ditempatkan di SD dan SMP,” tukasnya. (HS-05)