Kelompok Petani Pemakai Air di 25 Desa akan Dapat Bantuan

SOSIALISASI : Kegiatan Sosialisasi Tingkat Balai Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) di Aula Hotel Kito, Kamis (12/9/2019). Foto : Istimewa.

SILAMPARI ONLINE, EMPAT LAWANG – Sebanyak 25 desa dari enam kecamatan yakni Muara Pinang, Lintang Kanan, Pendopo, Ulu Musi, Paiker dan Saling akan menerima bantuan dari Balai Wilayah Sungai Sumatera VIII Palembang, yang ditujukan kepada Perkumpulan Pertani Pemakai Air (P3A) di desa.

Sebelum turun dan terlaksana bantuan tersebut 25 Kepala Desa (Kades) mengikuti Sosialisasi Tingkat Balai Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) di Aula Hotel Kito, Kamis (12/9/2019).

Muat Lebih

Konsultan Balai Wilayah Sungai Sumatera Wilayah VIII Palembang, Aprianas
saat dibincangi wartawan mengatakan, dalam sosialisasi ini para peserta diberikan penyampaian dan penjelasan terkait bantuan untuk desa yang ditujukan. Kepada P3A di desa, kata dia, bantuan yang diterima nanti sifatnya swakelola.

“Yang mengerjakannya itu petani sendiri atau masyarakat yang memiliki areal persawahan untuk kemajuan dan kemakmuran bagi petani di desa,” terangnya.

Memang lanjutnya, dalam sosialisasi ini dijelaskan jugo mekanisme maupun proses pencairan atau pun syarat-syarat yang perlu disiapkan, sebab penerima bantuan dari Balai ini ditujukan kepada P3A yang telah memiliki Akte Notaris.

“Kalau kelompok P3A sudah memiliki Akte Notaris bisa turun dana bantuan dari Balai sebesar 195 juta, tentu saja dipotong pajak, karena setiap kegiatan ada pajak yang disetor ke kantor pajak,” jelasnya.

Tentu saja dirinya berharap masyarakat bisa menggunakan sebaik-baiknya bantuan dari Balai ini untuk kesejahteraan dan kemakmuran para petani. Mengenai mau dibangun irigasi atau rehab irigasi hal itu tergantung di Desa masing-masing.

“Bantuan ini bisa digunakan untuk apa saja baik itu rehab irigasi, membangunkan irigasi tambahan yang penting irigasi di desa berjalan dengan baik dan sawah milik petani bisa teraliri air,” imbuhnya.

“Saya juga berharap dengan Danya bantuan ini paling tidak air di saluran irigasi lancar, Produksi padi meningkat dan membawa semangat para petani,” harapnya.

Sementara itu, salah seorang staf Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Hasbi mengatakan, pada kegiatan ini turut hadir perwakilan 25 desa dari enam kecamatan termasuk Camatnya.

“Bantuan ini tidak langsung diterima oleh xesa melalui P3A,” ujarnya. (HS-05)