Kelurahan Majapahit Terima Bantuan IPAL

IPAL; Terlihat para pemeriksa Proyek pembangunan Instalasi Pengolahan Air Limbah di Kelurahan Maja Pahit Kecamatan Lubuklinggau Timur I.Senin(23/9/2019)

SILAMPARI ONLINE

LUBUKLINGGAU– Kelurahan Majapahit Kecamatan Lubuklinggau Timur I,sedang melaksanakan Proyek pembanguan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) batuan dari Islamic Development Bank (IDB) bebarapa bulan yang lalu. Sekretariat Pembanguan IPAL Eko, ketika diwawancarai Harian Silampari, Senin(23/9) mengatakan saat ini dirinya sedang melaksanakan pembangunan IPAL tahap pertama di RT 5.

Muat Lebih

Eko menjelaskan pelaksanaan proyek pembangunan IPAL ini menggunakan, sistem swakelola Program Pemberdayaan Masyarakat melalui Lembaga Keswadayaan Masyarakat(LKM) yang dikerjakan oleh Kelompok Masyarakat melalui wadah KSM yang didampingi oleh Tim Fasilitator Kelurahan.

“Pembangunan IPAL ini ada 3 titik, yang tahap pertama letaknya di Rt 5 dan tahap ke Dua terletak di Rt 1 dan Rt 4,”jelasnya. IPAL adalah pembangunan sarana untuk mengolah limbah yang berbentuk cair misalnya limbah dari WC, dari air cuci ataupun dari kamar mandi. Lalu diproses menjadi bersih lalu dialirkan lagi kerumah warga agar bisa di gunakan kembali sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Eko mengungkapkan satu titik pembanguan IPAL ini minimal 50 rumah warga dengan penghasilan rendah yang menerima saluran pipa air bersih dari IPAL. Lurah Majapahit Nurfatilah mengatakan, Pembanguan IPAL ini disambut antusias sekali oleh masyarakat, karena ini bertujuan untuk mengurangi pencemaran air limbah dari rumah warga yang ada dilingkungan.

Ia menilai untuk mendapatkan bantuan IPAL ini tidak mudah, di Kota Libuklinggau ada 5 Kelurahan yang direalisasikan yang mendapatkan Pembangunan IPAL termasuk kelurahannya yang dipimpinanya. Nur menjelaskana Pemerintah Kota Lubuklinggau menunjuk salah satu Kelurahan layak menerima bantuan IPAL, karena ia nilai dari segi gotong royong sangat antusia dalam Pembangunan. “Kita berharap, semoga saja kedepan IPAL ini bisa ditingkatkan lagi di Kelurahan Majapahit ini,”harapnya.(Adi Arianza)