Kelurahan Rahma Siap Ikuti Lomba LBS Tingkat Provinsi

SILAMPARI ONLINE

LUBUKLINGGAU
-Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Kota Lubuklinggau, H Dian Chandera meminta kepada instansi terkait agar mempersiapkan segala sesuatunya secara matang sebelum dilaksanakannya Lomba Lingkungan Bersih dan Sehat (LBS) Tingkat Provinsi Sumsel Tahun 2019.

Hal itu disampaikannya saat memimpin rapat koordinasi persiapan LBS Tingkat Provinsi Sumatera Selatan di Op Room Moneng Sepati, Selasa (15/10/2019). Lebih lanjut Dian Chandera mengatakan perihal Perumnas Rahma yang terpilih untuk mengikuti lomba LBS Tingkat Provinsi Sumsel dengan alasan Perumnas Rahma pernah meraih predikat juara I Tingkat Provinsi Tahun 2017 dan mewakili Provinsi Sumsel tingkat nasional 2018 sekaligus Kelurahan Prumnas Rahmah ODF-nya sudah 100 persen.

Dalam persiapan harus dibuat sistem pembinaan berkoordinasi dengan masyarakat karena masyarakat sangat berperan dalam menjaga lingkungan dengan baik..
Spot-spot yang harus diperbaiki di Perumnas Rahma meliputi Puskesmas, Kantor Camat, Taman Cinta, MCK Umum, jalan yang berlubang, pojok baca, TOGA untuk kantor, penambahan tong sampah sebanyak 50 buah dan 19 kepala keluarga (KK) belum memilik jamban. Yang masuk kriteria penilaian LBS adalah keadaan air, keadaan udara dan keadaan tanah.

Muat Lebih


Pencanangan Kelurahan Perumnas Rahma harus bebas asap rokok merupakan upaya perlindungan untuk masyarakat terhadap resiko ancaman gangguan kesehatan karena lingkungan tercemar asap rokok.

Ada beberapa gerakan yang harus dilakukan meliputi pertama gerakan kelurahan hijau dan sehat dengan cara mempertahankan kelestarian lingkungan hidup, menciptakan udara bersih, menjaga kebersihan lingkungan. Kegiatan yang dilakukan adalah penanaman pohon penghijauan, gotong royong menjaga kebersihan, ada taman penghijauan, adq kegiatan olahraga, larangan merokok ditempat umum. Kedua gerakan masyarakat peduli sesama, kegiatannya meliputi mendata dan mendampingi ibu hamil, mendata dan mengawasi anak yang baru lahir, mendata dan memantau lansia, mengaktifkan Posyandu dan Poslansia, membina kelompok bermain anak dan pembinaan kelompok ibu hamil dan lansia.

Sementara Ketua TP PKK Hj Yetti Oktarina Prana menyampaikan manfaatkan sampah menjadi pupuk organik dengan sebaik-baiknya. Persoalan satgas pengumpulan sampah perlu perhatian agar kerjanya maksimal, WC umum harus ada yang bertugas untuk bertindak sebagai pembersih WC umum, soal pembuatan tempat sampah bisa dimanfatkan dengan menggunakan kulit bambu karena bambu basah ramah lingkungan. Terkait kawasan tanpa asap rokok sangat bagus agar udara bersih dan sehat dan juga akan ada pembinan berkesinambungan PKK Perumnas Rahma. (*)

SUMBER ; KOMINFO LUBUKLINGGAU