Kembangkan Ekonomi Desa, Pertamina Resmikan Pertashop Kawasan Wisata Danau Aur Kabupaten Musi Rawas

Di tengah pandemi COVID-19, PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) II Sumbagsel tetap gencar dalam memperluas akses layanan hingga ke pedesaan melalui Pertashop

Silampari Online,

MUSI RAWAS – Danau Aur adalah salah satu objek wisata di Musi Rawas Bumi Lan Serasan Sekentenan. Dengan luas sekitar 40 hektar dan sedalam 20 meter, danau ini mulai direvitalisasi pada tahun 2011 silam. Danau Aur merupakan induk irigasi dari Sungai Aur yang berfungsi untuk mengaliri sawah masyarakat Sumber Harta. Karena keindahannya objek wisata ini, sangat ramai dikunjungi setiap akhir pekan dan hari-hari libur dengan atraksi Restoran Kapal Wisata yang menyuguhkan hidangan khas lokal serta pemandangan Danau sekitar.

Bacaan Lainnya

Di tengah pandemi COVID-19, PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) II Sumbagsel tetap gencar dalam memperluas akses layanan hingga ke pedesaan melalui Pertashop. Kali ini Pertashop 2P.307.153 berlokasi di Kecamatan Sumber Harta, Kabupaten Musi Rawas. Hal ini adalah upaya Pertamina untuk berinovasi dalam upaya meningkatkan layanan kepada masyarakat, khususnya di wilayah pedesaan yang jauh dari lokasi SPBU atau Agen LPG dan menumbuh kembangkan potensi kawasan wisata desa sehingga mendukung terwujudnya energi berkeadilan untuk masyarakat.

Acara yang dikemas sederhana namun tidak mengurangi rasa khidmat dilaksanakan dengan memperhatikan Protokol kesehatan COVID-19. Hadir pada acara tersebut, Executive GM Regional Sumbagsel Asep Wicaksono Hadi, Ketua Hiswana Migas Lubuk Linggau Winasta Ayu Duri dan Owner Pertashop Sumber Harta Sofyan.

Executive GM Regional Sumbagsel, Asep Wicaksono Hadi mengatakan bahwa setelah memasuki adaptasi kebiasaan baru, Pertamina kembali menggencarkan pembangunan Pertashop di sejumlah wilayah Sumbagsel. “Pertashop sendiri merupakan lembaga penyalur Pertamina berskala kecil, untuk dapat melayani masyarakat dengan memperluas jaringan distribusi dan aksesibilitas masyarakat terhadap energi yang menjadi salah satu roda penting kehidupan sehari-hari,” ujar Asep

“Untuk itu program Pertashop akan terus ditambah di setiap wilayah. Di Kabupaten Musi Rawas sendiri rencananya akan menambah dua titik Pertashop diantaranya 1 titik di Desa Muara Lakitan dan 1 titik di Desa Selangit,” tambah Asep

Pendirian Pertashop ini merupakan tindak lanjut dari kerja sama Pertamina dengan pemerintah desa yang difasilitasi melalui Nota Kesepahaman/ Memorandum of Understanding (MOU) antara Pertamina dengan Kementerian Dalam Negeri. Sinergi ini bertujuan untuk memperluas pelayanan Bahan Bakar Minyak (BBM) dan Liquefied Petroleum Gas (LPG) melalui pengadaan Pertashop di desa-desa wilayah Indonesia.

Pertamina berkomitmen untuk memeratakan penyediaan energi terutama BBM dan LPG hingga ke pedesaan. Tentunya kami juga mengharapkan adanya Kerjasama yang baik antara Pertamina dan Pemerintah desa serta masyarakat agar penyaluran BBM melalui Pertashop ini berjalan optimal untuk memberdayakan ekonomi masyarakat desa. Dengan demikian masyarakat tidak kesulitan akses lagi mendapatkan produk-produk Pertamina,” tutup Asep. (rilis)