Kemenag Muratara Gelar Seleksi Petugas Haji Tahun 2020

SILAMPARI ONLINE,

Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Muratara, menggelar seleksi calon petugas haji 2020. Seleksi dilakukan di kantor Kemenag, Jalan Lintas Sumatera, Kecamatan Rupit.

Muat Lebih

Kepala Kemenag, H Ikhsan Baijuri disela – sela seleksi mengungkapkan, ditahun ini terdapat perubahan dalam rekrutmen petugas kelompok terbang (kloter) dan non kloter.

Dimana, tahapan – tahapan yang akan menjadi petugas. Dimulai dengan tes tingkat kabupaten/Kota masing – masing. Setelah itu, baru tes tingkat provinsi. Perbedaan lainnya, mulai tahun ini tes dilakukan dengan menggunakan sistem CAT.

“Artinya, setelah tes yang bersangkutan langsung bisa melihat hasilnya. Tetapi, tidak hanya CAT yang menentukan kelulusan, melainkan banyak komponen lainnya yang menentukan lulus atau tidaknya” sambungnya.

Ia menyebut, dari Kabupaten Muratara sendiri, ada 7 orang peserta yang ikut tes. Terdiri untuk beberapa jenis petugas. Ada untuk ketua kloter, pembimbing haji, dan petugas non kloternya di Arab Saudi.

“Nah, kalau petugas kloter itu, mendampingi jamaah dari Indonesia hingga ke Arab Saudi, dan sesuah itu kembali ke Indonesia lagi” jelasnya.

Dia menjelaskan, hasil dari tes tingkat kabupaten ini, nantinya akan diserahkan ke tingkat provinsi di Palembang. Jika lolos pada seleksi pertama ini, calon petugas yang ikut seleksi akan mengikuti tahap selanjutnya. (Shahudi)