Kepala SMA Negeri 1 Palembang Dilantik Jadi Ketua MKKS SMA Sumsel

 

SILAMPARI ONLINE,

Bacaan Lainnya

Palembang – Kepala SMA Negeri 1 Palembang H. Moses Ahmad terpilih menjadi ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) masa bakti 2020-2023. Dilantik oleh Kepala Dinas Pendidikan provinsi Sumatera Selatan Riza Pahlevi di Aula SMA Negeri 1 Palembang, Rabu (30/09/2020).

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan mengatakan dengan adanya pelantikan tentu adanya perubahan pengurus MKKS SMA baik di Kabupaten/Kota maupun Provinsi dan mudah-mudahan mereka sudah mempunyai program yang update dan inovasi terbaru yang selama ini sudah baik dan kedepannya jadi lebih baik lagi.

“Saya harap adanya keselarasan, keserasian satu yang lain saling mendukung bagaimana berkompetisi yang sehat antar sekolah maupun kepala sekolah sehingga terwujudlah otonomi berbasis sekolah,” katanya.

Dia juga mengatakan, MKKS SMA ini adalah program dari sekolah yang ada satu sama lain saling berbagi untuk saling tukar program apa yang tepat untuk kebutuhan sesuai sekolah masing-masing. Boleh saling mencontoh, tetapi tidak harus copy paste. Disinilah tempat mereka berkomunikasi.

“Yang terpenting bagaimana MKKS ini bisa menghubungkan sekolah-sekolah di wilayah Sumsel terutama SMA/SMK supaya menjadi terbaik semuanya. Baik dalam segi administrasinya, pelayanannya termasuk juga baik dari segi kelulusan tidak hanya siswanya tetapi juga gurunya,” tukasnya.

Sementara itu Nasrul Bani Mantan Ketua MKKS Provinsi Sumsel mengatakan, MKKS ini murni organisasi para kepala sekolah dalam anggaran dasar dan rumah tangga setiap tiga tahun diadakan pemilihan ulang kalau diperjalanan terkendala ada pensiun dan mutasi maka harus diganti.

“Tujuannya adalah untuk mempermudah, memperlancar semua aktivitas kegiatan Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan dalam rangka mewujudkan visi pendidikan Sumsel yaitu sumsel cerdas dan tuntas yang akan menunjang vis dan misi gubernur Sumsel yaitu Sumsel maju untuk semua,” ujarnya.

Dia menambahkan, tidak ada terkaitkan unsur politik tidak boleh kepala sekolah berpolitik. Kepala sekolah ini ASN, PNS jadi tidak boleh berpolitik, tegasnya.

Selanjutnya di tempat terpisah, Ketua MKKS Terpilih H. Moses Ahmad mengatakan, saya ucapkan terima kasih kepada Ketua MKKS kabupaten/kota yang telah mempercayai saya untuk menjadi Ketua MKKS SMA provinsi Sumatera Selatan.

“Kedepan saya akan melihat program yang sudah ada kemudian akan mepelajari kalau mungkin ada penambahan atau pengurangan sehingga kegiatan MKKS SMA provinsi Sumsel selama ini sudah bagus akan akan kita tingkatkan lagi,” ujarnya.

Dia juga mengatakan, Koordinasi dengan daerah kita akan upayakan memang tugas dari MKKS SMA adalah menyembatani aspirasi yang ada pada kepala sekolah yang kan disampaikan ke atas, sebaliknya informasi yang ada dari atas itu akan disampaikan kepada seluruh kepala sekolah se Sumatera Selatan.

“Kita akan upayakan menjalin hubungan yang baik sehingga apa yang menjadi harapan oleh Kepala Dinas akan dilaksanakan dengan sebaik-baiknya,” ujarnya.

Dia menjelaskan, apa yang disampaikan oleh kepala dinas akan di akomodir dulu. MKKS kedepannya harus berjalan dengan baik, menjalankan fungsinya dengan baik dan dapat mewakili aspirasi semua kepala sekolah yang ada di provinsi Sumatera Selatan.

“Kami berharap juga adanya dukungan dari seluruh kepala sekolah karena kami tidak bisa berkerja dengan sendiri tanpa adanya dukungan kepala sekolah yang ada di Sumatera Selatan,” pungkasnya. (vin)