Kerokan, Manfaat dan Risikonya

ILUSTRASI-keroka. foto-.fin.co.id

SILAMPARI ONLINE

Kerokan adalah teknik yang digunakan orang Asia, untuk mengatasi masalah kesehatan seperti masuk angin, atau nyeri pada otot. Namun pertanyaannya, nyatakah manfaat gua sha, nama lain dari teknik yang sudah turun temurun ini ? Dilansir Medical News Today, teknik yang memanfaatkan gosokan permukaan koin, pada punggung misalnya, dengan tujuan menghasilkan pola seperti bekas luka ini, memang punya manfaat terhadap otot dan sendi-sendi tubuh manusia.

Muat Lebih

Para praktisioner juga meyakini jika kerokan, memiliki manfaatnya tersendiri terhadap sistem kekebalan tubuh, dan fungsinya untuk menurunkan peradangan, selain mengatasi rasa sakit di sekitar leher dan pundak.

Dan meski tidak menyebabkan efek samping, namun teknik ini ternyata tidak bisa sembarangan dilakukan pada mereka, dengan kondisi tertentu.

Adalah mereka yang mudah sekali mengalami pendarahan, mereka yang mengkonsumsi obat pengencer darah, mereka dengan vena trombosis yang dalam, juga mereka dengan infeksi, tumor atau luka yang tidak kunjung sembuh, atau juga mereka yang pernah melakukan implan alat pacu detak jantung, untuk beberapa alasan, tidak disarankan untuk kerokan.

Dan perlu diingatkan juga bahwa salah-salah mengaplikasikan teknik ini, misalnya menggunakan koin yang belum disterilkan, punya risiko memicu terjadinya infeksi yang tidak diinginkan. (ruf/fin)