Kerusakan Jalan Negara Diperbaiki Dalam Waktu Dekat

Foto : Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Empat Lawang, Syarkowi Rasyid. (Doc/HS).

□ Lahat-Muara Beliti, termasuk Pasar Tebing Tinggi 

Silampari Online,

Muat Lebih

EMPAT LAWANG – Kerusakan jalan lintas tengah Sumatera (Jalintengsum) yang berada di kawasan pasar Tebing Tinggi, Kabupaten Empat Lawang akan diperbaiki oleh Balai Besar Jalan dan Jembatan. Kepastian tersebut disampaikan langsung oleh Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Empat Lawang, Syarkowi Rasyid saat dijumpai di Tebing Tinggi, Jumat (2/3).

Syarkowi mengakui memang banyak keluhan dari masyarakat maupun masyarakat luar Empat Lawang mengenakan kerusakan jalan di pasar Tebing Tinggi tersebut bahkan pegawainya sendiri juga mengeluhkan halnya sama. Namun pihaknya tidak bisa berbuat banyak karena jalan Negara itu kewenangan Balai Besar Jalan dan Jembatan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

“Dalam waktu dekat ini, akan dilakukan penandatanganan kontrak kerja antara pihak Balai Besar dengan kontraktor pelaksana pemeliharaan jalan negara di Balai Besar, mengenai perbaikan jalan negara Lahat – Muara Beliti termasuk kerusakan jalan pasar Tebing Tinggi,” katanya.

Ditempat sama, Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga Eri Apriansyah menjelaskan, perusahaan pemenang lelang untuk perbaikan jalan negara, link Lahat-Muara Beliti sudah ada bahkan sudah tanda tangan kontrak.

“Tadi pagi saya sudah telpon PPK Pemeliharaan jalan link Lahat-Muara Beliti, kemungkinan seminggu ini akan datang ke Tebing Tinggi mengenai pemeliharaan jalan negera,” katanya.

Memang lanjut Eri, dalam waktu dekat ini akan dilakukan penandatanganan perbaikan jalan negara tersebut, namun pihaknya meminta kepada Balai Besar Jalan dan Jembatan untuk memfokuskan perbaikan di pasar Tebing Tinggi.

“Bersyukur mereka (balai besar) menyetujui permintaan kita, namun mereka minta tolong untuk mentertibkan pedagang di pasar, namun nanti akan dikoordinasikan dengan Sekda Empat Lawang, tentu saja kita siap membantu yang penting jalan negara yang berada di Pasar tidak rusak lagi,” jelasnya.

Masih kata Eri, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Empat Lawang sudah berkoodinasi dnegan PPK Balai Besar. intinya apabila sudah penandatanganan nanti secapatnya bisa dilakukan pengerjaan perbaikan jalan. 

“Kemungkinan nanti kita akan koordinasi dengan Sekda Empat Lawang apabila pihak ketiga sudah mulai bekerja nanti agar Satpol PP bisa melakukan pentertiban pedagangan apabila nanti dilakukan pengerjaan,” pungkasnya. (HS-04)