oleh

Kesbangpol Sosialisasikan Peraturan Perundang-undangan Kantrantibmas

-Tak Berkategori-381 Dibaca

Silampari Online,

EMPAT LAWANG – Sosialisasi Peraturan Perundang-undangan tentang Keamanan, Ketentraman dan Ketertiban Masyarakat (Kantrantibmas), digelar di aula kantor Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bankesbangpol) Kabupaten Empat Lawang, Rabu (21/3).

Kegiatan yang menghadirkan narasumber Kapolres Empat Lawang, AKBP Agus Setyawan SIK MSi bersama Kajari Empat Lawang, Ronaldwin SH MH yang diwakilkan kepada Kasi Intel Kejari Empat Lawang, Andi Purnomo SH dan nara sumber dari provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), dibuka langsng oleh Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Empat Lawang, Dr Agusni Effendi MPd.

Sebagai peserta, pada kegiatan kali ini Bankesbangpol Kabupaten Empat Lawang selaku pelaksana kegiatan, menghadirkan puluhan Kades/Lurah, tokoh agama dan tokoh masyarakat dan beberapa peserta lainnya yang datang dari Kecamatan Pendopo Kabupaten Empat Lawang.

Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Empat Lawang, Dr Agusni Effendi MPd dalam sambutannya mengatakan, Kades, Ketua RT/RW mau tidak mau, suka tidak suka harus diakui merupakan orang-orang pilihan yang ada di tengah masyarakat. Jadi, apapun yang disampaikan Kades dan Ketua RT/RW, biasanya selalu didengarkan masyarakatnya. 

“Kalau pernyataan kita, termasuk para Kades dan Ketua RT/RW ini menimbulkan kegaduhan di tengah masyarakat, tentu saja masyarakat akan mudah terprovokasi,” kata Agusni saat membuka kegiatan tersebut.

Karena itu, dia berharap para Kades dan pemuka masyarakat lainnya, dapat menjaga situasi agar selalu kondusif, sehingga pelaksanaan jalannya pilkada di Kabupaten Empat Lawang, dapat berjalan aman. “Tidak ada harapan semuanya selain pelaksanaan pilkada kali ini, aman dan berjalan lancar. Oleh karena itu, saya berharap para peserta dapat mengikuti kegiatan sosialisasi ini dengan baik dan menyampaikan informasi yang didapat ini kesemua lapisan masyarakat,” harapnya.

Sebelumnya, Kepala Bidang Kewaspadaan, Badan Kesbangpol Kabupaten Empat Lawang, Siti Nurjanah menyampaikan, pelaksanaan kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pencerahan dan pendalaman kesadaran serta partisipasi masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban di tengah masyarakat. “Peserta, merupakan kades beserta RT se Kecamatan Pendopo, Kabupaten Empat Lawang. Karena kegiatan ini bertahap. Jika sebelumnya tahun 2017 peserta dari Kecamatan Tebing Tinggi, kali ini tahun 2018 dari Kecamatan Pendopo. Mudah-mudahan kedepan akan kita laksanakan untuk kecamatan lainnya,” kata Nurjanah.

Pihaknya lanjut Nurjanah, menargetkan peserta sebanyak 70 orang dan diharapkan dapat mengikuti dan memahami tentang peraturan perundang-undangan Kantrantibmas dan tindak pencegahan kejahatan di masyarakat.

“Kami mohon kiranya, narasumber dapat memberikan materi dan para peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan saksama sehingga dapat memahami apa yang disampaikan,” pintanya. (HS-04)

Tentang Penulis: admin

Gambar Gravatar
Harian Silampari merupakan nama daerah di Bumi Silampari yang memiliki tiga wilayah satu kota dan dua kabupaten di provinsi Sumsel