Kesenian Mura Juara Umum Festival Sriwijaya XXVIII

Silampari Online,

LUAR BIASA. Prestasi fenomenal direngkuh Tim Kesenian (Timkes) Kabupaten Musi Rawas (Mura) di pertengahan tahun ini. Kesenian asal bumi ‘Lan Serasan Sekentenan’ berhasil menjadi Juara Umum Pagelaran Budaya Festival Sriwijaya XXVIII Tahun 2019.

Muat Lebih

Puncak pengumuman dilakukan lokasi acara di pelataran Benteng Kuto Besak (BKB) Palembang, Sabtu malam (22/6) disaksikan ribuan penonton. Sebelumnya, Timkes tampil di panggung utama Pagelaran Budaya pada Selasa malam (18/6) lalu.Kesuksesan timkes ini didukung Master of Ceremony (Mc) Emiliana, S.Pd tampil elegan saat memandu acara.

Keberhasilan Timkes Mura ini disaksikan langsung Gubernur Sumsel, H Herman Deru dan pejabat Pemprov, Bupati Mura, H Hendra Gunawan (Pelindung) dan istri dr Hj Noviar Marlina Gunawan (Pembina) yang juga menjabat Ketua Dewan Kesenian Kabupaten Mura, Kepala Disbudpar Mura, Amrullah (Penanggungjawab) serta staf, dan ribuan penonton. Prestasi yang didapatkan Timkes Mura antara lain Juara II Lagu Daerah atas nama Sri Riski Kurnia, Juara 2 Tari Kreasi ‘Legenda of Turak’ dengan Koreo E Yenna V.N, Juara Harapan I Teater ‘Murai Bertaji’ disutradarai Samsurizal, S.Pd, Penata Musik terbaik, Atay serta penata artistik terbaik diraih Duki Abadiyanto.

Kadisbudpar Kabupaten Mura, Amrullah, ST, MM melalui Pimpinan Produksi Tim Kesenian, Drs Hamam Santoso membenarkan informasi tersebut. Hamam, sapaannya menyebutkan keberhasilan Timkes tidak lepas dari arahan dari Ketua Dewan Kesenian Kabupaten Mura, Hj Noviar Marlina Gunawan dan Kadisbudpar Mura. “Dan, tentu saja Bupati Mura pak Hendra Gunawan yang memotivasi tim kesenian agar memberikan yang terbaik untuk Kabupaten Mura. Pada Festival Sriwijaya ini kita mendapatkan 7 piala juara umum, meski kita tahu persiapannya sangat singkat satu minggu tapi Alhamdulillah lancar dan sukses,” ungkap Hamam, kemarin.

Pria ini menyebutkan jumlah Timkes Mura ada 65 orang, terdiri dari 10 orang penari, Musisi 9 orang, pemain Teater 16 orang, penata musik Atay, penata tari E Yenna V.N, Sutradara Teater Syamsurizal, S.Pd, Penyanyi lagu daerah Sri Riski Kurnia, dan official. Hamam mengungkapkan dengan latihan yang serius mampu menghasilkan prestasi terbaik. Selamat untuk keberhasilan Timkes Kabupaten Mura. (HS-09)