Ketua Bawaslu Lantik Dua Anggota Panwascam PAW

<small> <div style="text-align:right;">FOTO : KRISMANTO/HARIAN SILAMPARI</div></small> Menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dalam proses pelantikan dua anggota Panwascam PAW

Silampari Online,

BADAN Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Musi Rawas (Mura) melantik dua anggota Pengawas Kecamatan (Panwascam) yang mengundurkan diri. Dimana, diharapkan dua anggota Panwascam ini dapat langsung bekerja dengan menjaga integritas dan memperkuat netralitas.

Muat Lebih

Ketua Bawaslu Kabupaten Mura, Oktureni Sandhra Kirana mengatakan, bahwa berdasarkan peraturan Bawaslu Republik Indonesia (RI) Nomor 10 tahun 2018 tentang perubahan perbawaslu nomor 19 tahun 2017 tentang pembentukan, pemberhentian dan Pergantian Antar Waktu (PAW) Bawaslu Provinsi, Kabupaten/Kota, Panwascam Kecamatan dan Kelurahan serta Desa.

“Untuk pelantikan PAW anggota Panwascam yang mengundurkan diri yakni Panwascam Kecamatan Tugumulyo dan Megang Sakti,”jelas Reni sapaan akrabnya kepada Harian Silampari, Minggu (13/1).

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, untuk kedua anggota Panwascam tersebut yakni Marfi’i anggota Panwascam Tugumulyo digantikan Sundari dan anggota Panwascam Kecamatan Megang Sakti yakni Anasta Tias digantikan dengan Khuzeni.

“Untuk alasan anggota Panwascam Tugumulyo mengundurkan diri karena ingin fokus ke pekerjaan lain. Sedangkan, Anasta menjadi Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mura,”terangnya.

Menurutnya, untuk kedua anggota PAW Panwascam yang baru dapat menyesuaikan diri dan langsung bekerja dengan menjalankan tugasnya dengan mengawasi pelaksanaan tahapan penyelenggaraan Pemilu di wilayah Kecamatan masing-masing.

“Untuk tugas Panwascam mulai dari pemuktahiran data pemilih, daftar pemilih sementara, perbaikan dan daftar pemilih tetap serta tugas lainnya yang berkaitan dengan Pemilu,”bebernya.

Terlepas dari itu, anggota Panwascam harus paham tugas, wewenang dan kewajiban yang tertuang dalam Undang-Undang (UU) Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu. Sebab, kendati PAW namun untuk anggota Panwascam yang baru dilantik mempunyai tugas dan kewenangan yang sama untuk mewujudkan Pemilu yang berdemokrasi jujur dan adil.

“Intinya kami berharap agar anggota Panawascam PAW yang baru dilantik dapat menjalankan tugas dengan baik dan penuh tanggung jawab dengan menjaga integritas dan memperkuat netralitas kendati amanah yang dibebankan tidaklah mudah,”pungkasnya. (HS-03)