Ketua TP PKK Kunjungi Tanaman Markisa

<small> <div style="text-align:right;">FOTO : KOMINFO</div></small> Ketua TP PKK Kota Lubuklinggau Hj yetti Oktarina Prana tinjau lokasi Program Kota Ku di Kelurahan Karya Bakti, Selasa (8/1).

Silampari Online,

KETUA Tim Penggerak (TP) PKK Kota Lubuklinggau Hj Yetti Oktarina Prana beserta pengurus lainnya mengunjungi Kelurahan Karya Bakti Kecamatan Lubuklinggau Timur II. Dimana Kelurahan Karya Bakti ini, Pemerintah Provinsi (Pemprov) untuk mewakili Sumsel. Rencananya, lomba ini akan digelar pada April dan Mei mendatang.

Muat Lebih

Rina sapaan akrab Hj Yetti Oktarina Prana ini memaparkan, fokus penilaian lomba Hatinya PKK pada pemanfaatan pekarangan rumah warga dan lingkungan sekitar dengan tanaman yang bermanfaat. “Bukan hanya yang bisa dimanfaatkan seperti tanaman TOGA, tetapi juga harus teratur, rapi, dan indah. Sehingga, juga bisa menjadi lokasi refreshing,” ujarnya.

Ia juga menyebut terjadi beberapa perubahan penilaian yang cukup besar, salah satunya dari jumlah rumah yang dinilai. Jika tahun sebelumnya, Lomba Hatinya PKK hanya menilai pekarangan 100 rumah, tahun 2019 penilaian akan dilakukan untuk seluruh rumah beserta lingkungan di satu kelurahan.

Di kelurahan tersebut juga akan disiapkan tiga taman inti, yang terbagi masing-masing dikelola oleh tiga RT. “TP PKK punya semangat, tetapi banyak hal yang kami harapkan didukung oleh Pemkot Lubuklinggau bersama OPD terkait, sehingga harapan kita untuk menjadi yang terbaik tidak sia-sia,” ucapnya.

Dikatakannya, sesuai dengan hatinya PKK akan ditanami buah markisa, tanaman obat dan juga tanaman hias, tentunya isi akan terlihat teratur rapi, indah dan juga bermanfaat bagi masyarakat. Untuk mencapai Kelurahan hatinya PKK diteruskan Yetty Oktarina, ai juga akan membentuk lagi tiga taman pembibitan dan taman inti.

“Sekarang kita sudah mempunyai satu, dan akan ada dua taman lagi, satu di RT 1,2,3 dua di RT4,5,6 dan satu lagi di RT 7,8,9 di Kelurahan Karya Bakti,”ujarnya.

Dijelaskannya, markisa merupakan ciri khas tanaman kelurahan karya bhakti, jadi prinsip hatinya PKK, itu sebenernya Tanaman Obat Keluarga (Toga) dan karena disini sudah dikenal dengan buah markisa nantinya banyak markisa l, bahkan disini nanti akan menjadi kampung markisa.

Kedepan dalam waktu singkat dikatakannya ia membutuhkan kerja sama dari warga, dan ia sudah mendatangi untuk bertemu dengan warga dan disini warga sudah menyatakan kesanggupannya. Tentunya terlaksana kegiatan semua ini berawal dari gotong royong.

“Kita dari pemerintah dan PKK sifatnya hanya mensupport dan pelaku utamanya adalah masyarakat dan mereka akan bergotong royong untuk membuat, menjaga dan memeliharanya,”ujarnya.

Rencananya ,sambung Rina setiap perkarangan nantinya ada tanaman toganya, dan perkarangan semua bersih. “Kepuansan kita disini kalau berhasil jadi kampung hatinya pkk, dan masyarakat akan merasakan langsung manfaatnya,ini tujuan kita,”pungkasnya.(HS-01)

Sementara, Kepala DP3APM Kota Lubuklinggau, Heri Zulianta menyatakan siap untuk membantu semua persiapan Lomba Hatinya PKK ini. Fokus pertama untuk persiapan profil yang menjadi syarat masuknya kelurahan untuk dikunjungi penilai dari pusat.

Sekda Kota Lubuklinggau, H A Rahman Sani mendukung penuh lomba sesuai dengan tugas masing-masing. “Kita atur waktu untuk mengecek langsung kesana, karena waktunya juga sudah tidak banyak, hanya 2-3 bulan,” katanya. (HS-01)