Kompetensi Enam Calon Pj Kades Diuji

Uji: Saat keenam calon Pj Kades sedang mengikuti uji kompetensi di Kantor BKPSDM Mura ( Rabu (4-9-2019), FOTO Krismanto-Harian Silampari

SILAMPARI ONLINE

MUSI RAWAS
– Sedikitnya enam calon Penjabat (Pj) Kepala Desa (Kades) dilakukan tes uji kompetensi oleh Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM). Dimana, tes ini bertujuan untuk menguji kelayakan psikologi dan kepemimpinan.
Hal ini disampaikan, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Musi Rawas (Mura), Ahmadi Zulkarnain melalui Kepala Bidang (Kabid) Pemerintah Desa (Pemdes), Rian Pratama saat diwawancarai Harian Silampari, Rabu (4/9) diruang kerjanya.
Dijelaskannya, bahwa untuk enam calon Pj Kades yang diuji kompetensi tersebut untuk mengisi kekosongan jabatan Kades yang telah habis masa jabatan maupun meninggal dunia. Diantaranya, Desa Remayu Kecamatan Tuah Negeri, Mukti Karya Kecamatan Muara Lakitan, Pian Raya Kecamatan Muara Lakitan, Taba Tengah Kecamatan Selangit, Sungai Bunut dan Kembang Tanjung Kecamatan BTS serta Sukarami Jaya Kecamatan Sumber Harta.
“Untuk tes uji kompetensi ini dilakukan oleh BKPSDM. Sebab, Pj Kades yang diusulkan merupakan Pegawai Negeri Sipil (PNS),”jelasnya.
Lebih lanjut dirinya menjelaskan, bahwa memang dalam proses pengangkatan Pj Kades harus dilakukan uji kompetensi. Dimana, hal ini guna mengetahui kelayakan sebelum diangkat menjadi Pj Kades.
“Uji kompetensi ini disamping disamping mengukur kelayakan kepemimpinan dan sosial,”terangnya.
Menurutnya, dalam uji kompetensi ini tidak ada istilah lulus atau tidak. Melainkan, guna mengetahui kemampuannya dan bila masih belum dianggap mampu maka diberikan pembekalan.
“Kalau untuk materinya diberikan oleh BKPSDM langsung dan hasilnya hanya diberikan kepada yang bersangkutan serta tidak dipublikasikan,”bebernya.
Terlepas dari itu, dirinya berharap dengan adanya uji kompetensi ini maka bisa menjadi tolak ukur apa yang menjadi kekurangan Pj Kades nantinya bisa diketahui serta diberikan pembinaan. Sehingga, dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya bisa secara maksimal.
“Intinya kami berharap calon Pj Kades yang diusulkan nantinya bisa bekerja secara amanah,”pungkasnya. (HS-03)