KONI : Hilangkan Cemburu dan Saling Curiga

<small> <div style="text-align:right;">FOTO : FAHRUROZI/HARIAN SILAMPARI</div></small> Ketua KONI Kabupaten Empat Lawang, Chandra

Silampari Online,

EMPAT LAWANG – Kesuksesan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Empat Lawang dalam memajukan olahraga di Bumi Saling Keruani Sangi Kerawati, tidak akan mungkin bisa hanya mengandalkan pengurus di struktural KONI Kabupaten Empat Lawang saja.

Sebab, kuncinya ada di organisasi cabang olahraga (cabor) yang bernaung di bawahnya.

Hal tersebut dikatakan Ketua KONI Kabupaten Empat Lawang, Chandra saat dibincangi Harian Silampari, kemarin. Menurutnya, KONI hanyalah sebuah rumah yang di dalamnya banyak bilik-bilik yang merupakan tempat cabor olahraga masing-masing, bernaung.

“Nah, kita hanyalah wadah bagi mereka untuk berkoordinasi. Kita hanya memfasilitasi saja, terserah mereka mau bagaimana,” ujar Chandra, Senin (21/1).

Disampaikannya, KONI Kabupaten Empat Lawang tidak bisa membentuk kepengurusan cabor tertentu. Sebagai misal, jika cabor bola volly ingin membentuk kepengurusan persatuan bola volly seluruh Indonesia (PBVSI) yang baru di Kabupaten Empat Lawang, KONI Kabupaten Empat Lawang tidak bisa membuat surat keputusan (SK) kepengurusan yang baru. Sebab, SK kepengurusan mereka, itu ditandatangani Ketua organisasi induk cabor di atasnya, bukan oleh KONI.

“Ini yang belum banyak difahami sebagian orang. KONI hanya rekomendasi saja, tanpa bisa mengintervensi organisasi mereka karena mereka punya organisasi sendiri di atasnya dalam hal ini organisasi cabor tingkat kabupaten terus ke provinsi dan sampai ke pusat,” urainya.

Karena itu, jelasnya, majunya suatu cabor di Kabupaten Empat Lawang, itu terletak pada cabor masing-masing, bukan dari KONI. “Jadi, jika olahraga ingin maju di Kabupaten Empat Lawang, bukan terletak pada KONI-nya, tapi cabor masing-masing. Kita hanya bertugas memfasilitasinya saja dengan memberikan ruang koordinasi,” terangnya.

Di sisi lain, Chandra berharap agar seluruh pengurus cabor masing-masing yang bernaung di KONI Kabupaten Empat Lawang, agar menghilangkan rasa kecemburuan sosial apalagi sampai saling curiga. Karena itu akan menjadi penghambat majunya cabor masing-masing.

“Karena sama-sama ingin membawa nama Empat Lawang harum di mata daerah lain, mari rapatkan barisan, untuk fokus mewujudkan Empat Lawang Madani,” pesannya. (HS-05)