Koperasi Kartika Sejahtera Abadi Dandim 0430/Banyuasin Gelar RAT KE-1 Tahun 2020

SILAMPARI ONLINE,

Banyuasin. Koperasi Kartika Sejahtera Abadi kodim 0430/Banyuasin menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) Ke-1, Tahun 2020 Bertempat di Graha Sedulang Setudung Pemerintah kabupaten Banyuasin Jalan Lingkar Sekojo Kelurahan Mulya Agung Kecamatan Banyuasin III Kabupaten Banyuasin, kamis(6/2/2020) dengan tema Dengan semangat kebersamaan, kemandirian dan kinerja yang baik, kita tingkatkan peran Koperasi Kartika dalam menunjang kesejahteraan Prajurit dan PNS TNI-AD

Bacaan Lainnya

Dalam kegiatan Rapat Anggota Tahunan (RAT) ini dihadiri
Bupati Banyuasin diwakili Ir. Babul Ibrahim , Assisten III Setda Banyuasin, Dandim 0430/Banyuasin diwakili Kapten Inf Sariyo , Pasi Intel Ka.Disperindag Koperasi Banyuasin diwakili H. Ahliyah, SH., MH Bidang Koperasi. Ketua Baznas Banyuasin diwakili Samsul Rizal, S.Pdi , Wakil Ketua Baznas Banyuasi Para Danramil beserta anggota Kodim 0430/Banyuasin serta tamu undangan.

Ketua Koperasi Sejahtera Abadi Kodim 0430/Banyuasin.
Kapten Inf Panca Agung dalam sambutannya mengatakan bahwa
Koperasi Sejahtera Abadi Kodim 0430/Banyuasin mempunyai tujuan untuk mensejahterakan anggota, maka dari itu kami mohon bimbingan dan arahan dari Pemerintah Kabupaten Banyuasin, karena kami merasa masih banyak kekurangan baik dari segi administrasi maupun SDM.

Kemudian kita di kesempatan ini juga dilaksanakan pemilihan Ketua dan Pengurus Koperasi Kartika Sejahtera Abadi Kodim 0430/Banyuasin. Pemilihan Ketua dan Pengurus yang baru tersebut semata-mata demi memajukan Koperasi Sejahtera Abadi Kodim 0430/Banyuasin, ” ungkapnya.

Bupati Banyuasin yang diwakili oleh Ir. Babul Ibrahim Assisten III Setda Banyuasin dalam kesempatan ini
atas nama Pemerintah Kabupaten Banyuasin, sungguh sangat berbangga hati karena di hari ini di antara 428 koperasi yang tersebar di berbagai wilayah Kabupaten Banyuasin, salah satunya adalah Primer Koperasi Kartika Sejahtera Abadi telah mampu menyelenggarakan Rapat Anggota Tahunan tahun buku 2019.

” Sesuai Undang-Undang No. 25 tahun 1992 tentang Perkoperasian pada pasal 22 dan anggaran dasar Primer Koperasi Kartika Sejahtera Abadi dinyatakan bahwa rapat anggota adalah merupakan pemegang kekuasaan tertinggi dalam koperasi, yang dilaksanakan minimal satu kali dalam setahun,” katanya

“RAT ini bertujuan melaporkan dan mempertanggung jawabkan seluruh kegiatan pengurus/pengelola selama tahun buku 2019. Disamping itu juga membuat dan mengesahkan rencana kerja dan rencana pendapatan dan belanja koperasi untuk tahun berikutnya di hadapan para anggota-anggotanya, ” jelasnya.

Kemudian kesempatan ini hanya mengingatkan kembali pada seluruh peserta rapat anggota tahunan bahwa, kita sebagai insan koperasi harus mengetahui dan memahami apa koperasi itu. Dalam undang-undang nomor 25 tahun 1992 tentang perkoperasian, bahwa perkoperasian merupakan badan usaha yang beranggotakan orang seorang atau badan hukum koperasi dengan berlandaskan pancasila dan undang-undang dasar 1945. serta kegiatannya berdasarkan prinsip-prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan azas kekeluargaan. Koperasi bertujuan memajukan kesejahteraan anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya serta ikut membangun tatanan perekonomian nasional dalam rangka mewujudkan masyarakat yang maju, adil dan makmur.

Sebagai badan usaha dan sebagai Koperasi berkualitas minimal harus mencakup 6 (enam) aspek antara lain :
Pertama, Aspek kinenerja usaha yang semakin sehat, ditunjukan dengan membaiknya struktur permodalan, kemampuan menyediakan dana, peningkatan aset, peningkatan volume usaha dan peningkatan SHU.

Kedua, Aspek badan usaha yang aktif, diukur antara lain berdasarkan jalannya mekanisme manejemen seperti RAT, Audit, Proses perencanaan dan kepatuhan terhadap perundang-undangan.

Ketiga, Aspek partisipasi anggota, ditandai antara lain adanya keterikatan organisasi berupa tanggung renteng atau pembagian resiko, peningkatan jumlah anggota serta kegiatan pendidikan dan latihan bagi anggota.

Ke empat, Aspek orientasi kepada pelayanan anggota yang ditandai dengan keterkaitan antara koperasi dan usaha anggota dan kegiatan penerangan dan penyuluhan terkait dengan usaha anggota.

Kelima, Aspek pelayanan kepada masyarakat, ditandai dengan seberapa besar usaha koperasi dapat menyerap tenaga kerja dan banyaknya layanan koperasi yang dapat di nikmati masyarakat, antara anggota dan usaha termasuk peranan koperasi dalam ikut mereduksi kemiskinan masyarakat setempat.

Dan ke enam Aspek kontribusi terhadap pembangunan daerah, hal ini ditunjukkan dengan adanya ketaatan koperasi sebagai wajib pajak dan berbagai dukungan sumber daya koperasi terhadap kegiatan pembangunan daerah.

Dandim 0430/Banyuasin yang diwakili oleh Kapten Inf Sariyo (Pasi Intel), dalam sambutanya bahwa Kegiatan Rapat Anggota Tahunan (RAT) Koperasi Sejahtera Abadi Kodim 0430/Banyuasin ini merupakan yang pertama, dikarenakan Koperasi Kodim 0430/Banyuasin baru terbentuk pada tahun 2019 yang lalu.

Maka RATini, yakni untuk melaporkan dan mempertanggungjawabkan seluruh kegiatan pengurus/pengelola selama tahun buku 2019, serta melaksanakan koordinasi demi kemajuan Koperasi agar Koperasi tersebut dapat membantu dan mensejahterakan para anggota.

Dalam RAT KE-1 Ini terpilih ketua koperasi kartika sejahtera Abadi yang baru, letda Inf Suharsono meperoleh suara 71 suara dari 131 orang pemilih, suara sah 126 suara tidak sah, 1 suara dan golput 4 orang dengan perincian sebagai berikut : Kapten Inf Sariyo 8 suara
Kapten Inf Supriyanto 5 suara
Kapten Inf Hermawan 7 suara
Lettu Inf Pringgo 7 suara, Letda Inf Suharsono 71 suara
Letda Inf Sujud 20 suara
H Kapten Inf Kusnandar 2 Kapten Czi M. Rusli 2 suara, Kapten Inf Sumanteri 3 dan
Kapten Inf Zulkaderi 2 (heri)