KPU Musi Rawas Gelar Tes Wawancara Calon PPS

SILAMPARI ONLINE,

MUSI RAWAS-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Musi Rawas melaksanakan tahapan seleksi Tes Wawancara terhadap calon anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) Pilkada 2020 secara serentak untuk 14 kecamatan di Musi Rawas, peserta yang mengikuti tes wawancara ini merupakan peserta calon PPS yang masuk 6 besar dari hasil tes tertulis untuk setiap Desa.

Bacaan Lainnya

Dikatakan Anasta Tias Ketua Komisioner KPU Musi Rawas, pelaksaan seleksi tes wawancara ini dilaksakan selama satu hari dan serentak pada 11 Maret 2020.

“Tes wawancara untuk calon anggota PPS ini dilakukan serentak untuk seluruh kecamatan dan dipusatkan pada 6 Lokasi, disetiap lokasi tes digunakan Dua hingga Empat Kecamatan”

Anasta Tias berharap PPK dapat melakukan tracking peserta PPS yang mengikuti tes wawancara sekaligus menggali pemahaman peserta terkait kepemiluan, pasalnya pada tes tersebut dilakukan oleh para Angota PPK masing-masing kecamatan.

“Tahapan tes wawancara didelegasikan kepada anggota PPK di setiap kecamatan. Dan keputusan yang masuk tiga besar nantinya tetap menjadi wewenang penuh KPU kabupaten,” tambahnya.

Sambung Anas, pekerjaan PPS kali ini sangat berbeda dengan PPS sebelumnya yang dikarena di Kabupaten Musi Rawas ini adanya calon independen atau perorangan,maka anggota PPS bekerja melakukan verifikasi faktual mandat dukungan calon perorangan.

“Kali ini pekerjaan mereka sangat berbeda dengan sebelum,karena anggota PPS harus melakukan verifikas faktual terhadap berkas atau mandat pada calon perorangan yang sudah di serahkan,” tutup Anas.

Sementara Deni Okpriyanto Ketua PPK Kecamatan Tugumulyo mengatakan sebagaimana mandat dari KPU Musi Rawas pihaknya hanya menjalankan tugas sebagai Pelaksana Tes Tertulis, dimana pihak PPK hanya memberikan sejumlah pertanyaan yang akan di jawab oleh para peserta para calon angota PPS Setelah itu pihaknya menyerahkan langsung jawaban yang ditulis oleh masing masing peserta kepada KPU.

“Kami Para PPK Hanya menanyakan pertanyaan kepada para calon angota PPS terkait materi rekam jejak calon PPS, pengetahuan tetang kepemiluan saja, setelah itu para peserta menjawab pertanyaan tersebut dengan menulisnya di secarik kertas yang telah disediakan panitia ” ujar Deni.

PENULIS: NOFI ARDIYANTO
EDITOR : AGUS