KPU Musi Rawas Sukses Lantik 70 Anggota PPK

SILAMPARI ONLINE,

MUSI RAWAS-Bertempat di Hotel SMart Lubuklinggau, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Musi Rawas, Anasta Tias melantik 70 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) terpilih dalam 14 kecamatan, Sabtu (29/2/2020).

Bacaan Lainnya

Prosesi pelantikan ditandai dengan pengucapan sumpah/janji yang dipandu oleh Ketua KPU Anasta Tias diikuti oleh seluruh calon anggota PPK terpilih.

Setelah pengucapan sumpah/janji, selanjutnya perwakilan anggota PPK membacakan fakta integritas yang akan ditandatangani oleh seluruh anggota PPK dalam bentuk berita acara.

Pelantikan yang berlangsung sukses itu dihadiri seluruh Komisioner KPU, yakni Apandi, Wahyu Hidayat Setiadi, Syarifudin, Ania Trisna dan Sekretaris KPU H Nailul Azmi serta Komisioner Bawaslu Hermansyah dan Khoirul Amri serta undangan perwakilan Ketua PN Lubuklinggau, Polres Musi Rawas, Kejari Lubuklinggau, PA Lubuklinggau, Kodim 0406 MlM, media cetak, online dan televisi.


Dalam sambutan Ketua KPU Anasta Tias menjelaskan, proses pembentukan PPK sebagai penyelenggara Ad Hoc pada Pemilihan Serentak ditahun 2020 dan mengingatkan bahwa tugas sebagai Penyelenggara Pemilihan cukuplah berat. Tidak hanya dituntut bersikap professional dalam bekerja dimana harus benar-benar memahami persoalan-persoalan teknis penyelenggaraan Pemilihan. Tetapi yang tidak kalah pentingnya lagi adalah juga dituntut untuk senantiasa menjaga sikap dan perilaku selama menjadi bagian dari penyelenggara.
“PPK harus bisa menjaga solidaritas anggota dan Ketua, karena ada divisi tugas masing divisi,” ujarnya.
Lalu integritas, kata dia, hal ini memiliki nilai mahal karena merupakan marwah penyelenggara. “Kita harus menjaga integritas, misalkan saat kita makan di warung dan kebetulan ada paslon maka sebaiknya menghindar,” jelasnya.

PPK harus menjaga profesionalitas dengab menjalankan tahapan sesuai jadwalnya dan jangan sampai terbengkalai. “Didepan, tugas menanti yang melakukan verifikasi faktual bagi calon perseorangan,” tegasnya.

Laporan : Novi Ardianto
Editor : Agus Hubya H