KPU : Relawan Demokrasi Jangan Mengecawakan

<small> <div style="text-align:right;">FOTO : ISTIMEWA</div></small> <strong>BIMTEKS :</strong> 55 Anggota Relawan Demokrasi saat mengikuti Bimteks di Hotel Kito Tebing Tinggi, Kamis (24/1/2019).

Silampari Online,

EMPAT LAWANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Empat Lawang menggelar kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pembekalan Relawan Demokrasi untuk Pemilu Serentak 2019 kepada 55 Relawan Demokrasi yang dinyatakan lulus, di Hotel Kito Kabupaten Empat Lawang, Kamis (24/1).

Ketua KPU Empat Lawang Ali Alimin didampingi komisioner lainnya dalam sambutannya mengatakan, Relawan Demokrasi yang terpilih jangan mengecewakan, karena Relawan Demokrasi yang terpilih sesuai dengan yang diinginkan pihaknya.

“Relawan Demokrasi berarti kita bekerja secara ikhlas sebagai relawan dalam hal menyampaikan hal-hal ke pemiluan dan demokrasi,” kata Ali Alimin dalam sambutannya.

Dijelaskan Ali Alimin, kenapa diadakannya Relawan Demokrasi, karena secara Nasional berdasarkan data yang ada pada Pemilihan Umum (Pemilu) 1999, 2004, 2009 dan 2014 untuk memilih sangat menurun.

“Jadi, tujuan dari demokrasi ini untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam memilih. Inilah tujuan utama dari Relawan Demokrasi,” jelasnya.

Dengan adanya Relawan Demokrasi ini, sambung Ali, Relawan Demokrasi dapat mensosialisasikan kepada masyarakat pentingnya untuk memilih pada Pemilu serentak yang akan di laksanakan pada 17 April 2019 nanti.

“Jadi, sebagai mitra KPU kami berharap Relawan Demokrasi ini dapat mengajak masyarakat untuk menggunakan hak suaranya agar tidak golput,” harap Ali.

Diakui Ali, dikarenakan kurangnya sosialisasi inilah yang membuat masyarakat untuk tidak memilih. “Mengingat pentingnya satu hak suara, jadi bagaimana caranya Relawan Demokrasi ini dapat mengajak masyarakat Empat Lawang untuk memilih pada Pemilu nanti,” tegas Ali.

Sambung Ali, setelah menerima 55 Relawan Demokrasi dengan basis-basis yang sudah ditentukan dengan tugasnya masing-masing. Ia berharap Relawan Demokrasi ini dapat bekerja dengan baik dan netral.

“Relawan Demokrasi harus netral, bukan menjadi kampanye salah satu pasangan calon ataupun calon,” tegasnya.

Ditambahkan Ali, setelah bekerja nanti para Relawan Demokrasi yang sudah bekerja ini akan melaporkan tugasnya untuk di pertanggungjawabankan. “Nanti, Relawan Demokrasi ini kita minta melaporkan hasil kerjanya, dan kepada Relawan Demokrasi kami ucapkan selamat bertugas,” pungkasnya. (HS-05)