KPU Sasar Pemilih Pemula

43
FOTO : ISTIMEWA
FOTO BERSAMA : Anak didik SMAN 1 Empat Lawang foto bersama dengan komisioner KPU usai acara sosialisasi.

Silampari Online,

TEBING TINGGI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Empat Lawang melakukan Road Show Go To School ke seluruh SMA.

Salah satu sekolah dikunjungi SMA Negeri 1 Kabupaten Empat Lawang. Dimana kegiatan diisi dengan dialog interaktif antara KPU dengan para siswa.

Ketua komisioner KPU Empat Lawang, Ali Amin mengatakan, sosialisasi pemilu kepada pemilih pemula yang mayoritas adalah kalangan pelajar sangat diperlukan agar mereka menggunakan hak suara secara tepat dan berkualitas.

“Mereka perlu didorong untuk antusias datang ke tempat pemungutan suara guna memilih partai politik atau calon-calon pemimpin sesuai dengan aspirasinya, serta tidak golput atau tidak memberikan suara pada pemilu dan termakan ajakan politik uang,” ungkap Ali.

Sedangkan untuk sosialisasi ke beberapa sekolah pelosok akan dilakukan oleh pihak relawan demokrasi, karena relawan juga mempunyai tugas yang salah satu nya menyasar ke pemilih muda.

Selama pantauan diacara sosialisasi, para pelajar sangat antusias dalam menyimak arahan yang diberikan langsung oleh setiap masing-masing komisioner.

“Para pelajar sangat antusias, mungkin karena kali pertama memilih,”ungkap Ali

Adapun materi yang disampaikan oleh pihaknya tidak lain peran aktif dan partisipasi aktif pemula dalam memilih, dengan menyampaikan edukasi demokrasi dibalik proses pemilu serta pengetahuan kesadaran untuk menggunakan hak pilih secara tepat.

“Pemilih pemula juga perlu diperkenalkan dengan nilai-nilai demokrasi di balik proses Pemilu. Artinya, antusias untuk memilih saja tidak cukup jika antusiasme untuk memilih ini tidak diimbangi dengan pengetahuan dan kesadaran untuk menggunakan hak pilih secara tepat dan berintegritas,”jelasnya.

Ketika disinggung jumlah pemilih muda di Empat Lawang, Ali menjelaskan sejauh ini semua jumlah DPT pemilih muda di Empat Lawang masih didata dan dipastikan jumlah nya akan lebih banyak dari tahun kemarin.

“Jumlah DPT masih kita data, dan di pastikan akan lebih banyak dari sebelumnya,”pungkasnya.(KHS-03)