KPU Sumsel dan KPU Mura, Monitoring Data Verifikasi Faktual Balon Bupati Perseorangan di PPK Tugumulyo

SILAMPARI ONLINE,

Musi Rawas– Komisi pemilihan umum (KPU) provinsi Sumatra Selatan didampingi oleh Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Musi Rawas melakukan kunjungan ke PPK dan PPS dalam rangka Monitoring dan Supervisi Data Verifikasi Faktual (Verfak) data bakal calon Bupati dan wakil bupati Musi Rawas Independen atau perseorangan, Sabtu (04/07/2020).

Bacaan Lainnya

 

Dalam kesempatan tersebut seluruh komisioner KPU Musi Rawas mendampingi komisioner KPU Provinsi Sumatera Selatan divisi hukum dan pengawasan Hepriyadi, mengunjungi kantor PPK Tugumulyo dan turun langsung kelapangan mengecek anggota PPS di Kecamatan Tugumulyo seperti PPS Kelurahan B Srikaton dan PPS Desa Kalibening saat melakukan verfak di rumah rumah warga.

Komisioner KPU Provinsi Sumatera Selatan Devis Hukum dan pengawasan Hepriyadi menanyakan, dalam kunjungan tersebut ia mendengar laporan dari Anggota PPK Kecamatan Tugumulyo terkait data perpak, seperti capaian data sementara dan kendala yang di hadapi oleh petugas PPS.

Hepriyadi juga menghimbau terkait pelaksanaan Vefak data calon perseorangan agar para petugas di lapangan tetap melaksanakan prosedur sesuai SOP Protokol kesehatan dan tetap menjaga kesehatan, selain itu ia juga mengatakan agar petugas PPS dalam menjalankan tugas tetap harus bersikap profesional.

” KPU provinsi Sumatera Selatan, mengapresiasi atas kerja keras petugas dilapangan yaitu PPS yang saat ini sedang melakukan Vefak Balon perseorangan, saya berharap petugas PPS bisa melakukan tugasnya tepat waktu dan melaksanakan prosedur kesehatan serta yang terpenting menjaga integritas instansi penyelengara pemilu,” ujar Hepriyadi.

Sementara itu Ketua KPU Musi Rawas Anas tatyas memberikan semangat kepada petugas PPS di seluruh desa yang ada di Kabupaten Musi Rawas dalam melaksanakan tugas, ia meminta agar nantinya jika terjadi persoalan atau menemukan masalah dalam pelaksanaan Verfak, Petugas PPS  sesegera mungkin berkoordinasi dengan pihak PPK di kecamatannya masing-masing.

“Tetap semangat untuk para petugas PPS yang sedang melaksanakan verfak,tetap bekerja seprofesional mungkin dan cepat melakukan kordinasi dengan anggot PPK jika ada kendala di lapangan,” ujar Anas.

Anggota PPK Tugumulyo Divisi Teknis dan penyelengara, Andang Krisna Setiadi mengatakan, PPK Tugumulyo mengucapkan trimakasih atas kedatangan Komisioner KPU provinsi Sumsel dan KPU Kabupaten Musi Rawas.

“Kami menyambut baik atas perhatian yang sudah diberikan oleh KPU provinsi dan KPU Mura, secara otomatis kunjungan ini dapat membangkitkan semangat kami para Petugas PPK dan terhusus Petugas PPS yang sedang melaksanakan verfak di lapangan,”ujar Andang.

Terkait kendala di lapangan Andang menjelaskan, ada beberapa kendala yang di temukan saat petugas PPS melakukan verfak diantaranya, data masyarakat yang harus di kunjungi tidak berada di tempat ataupun sudah meninggal dunia.

“Kendala yang dilaporkan sementara hanya masyarakat yang masuk dalam data verfak tidak ada di tempat atau bahkan mengingat dunia,” pungkas Andang Anggota PPK Tugumulyo.

Penulis : Nofi Ardiyanto
Editor : Agus .