Kuda Lumping dan Potong Tumpeng

RAYA : Suasana perayaan ulang tahun Desa Mekarti Jaya Kecamatan Tebing Tinggi, Rabu (11/9). Foto : Istimewa. 

Peringati Ultah Desa Mekarti Jaya ke 35

EMPAT LAWANG – Untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan di lingkungan masyarakat, Desa Mekarti Jaya (III B) rutin mengadakan peringatan hari ulang tahun desa setiap tahunnya.  Jon Hengki, Kades Desa Mekarti Jaya mengatakan, desa yang dipimpinnya tersebut pada awalnya merupakan tempat transmigrasi pada tahun 1980-an.

“Hari ini Desa Mekarti Jaya resmi berumur 35 tahun karena kita resmi memiliki pemerintahan sendiri itu sejak 1984. Pada awalnya desa ini bergabung dengan Desa Mekar Jaya (III A) namun karena lokasinya yang berjauhan maka kita putuskan untuk memisahkan diri,” kata Jon Hengki saat membuka acara HUT desanya, Rabu (11/9).

Desa Mekarti Jaya sendiri meskipun sudah berumur 35 tahun, tetapi baru memiliki kades yang defenitip baru di tahun 2017 lalu. “Jadi selama belum defenitif yang menjabat kades disini hanya dijabat oleh Pj kades yang ditunjuk oleh camat,” ungkapnya.

Dirinya berharap dengan rutinnya peringatan ulang tahun ini, bisa semakin mempereratkan dan mempersatukan kekompakan masyarakat serta juga menghidupakan kembali seni dan budaya di masyarakat. “Sebagian besar masyarakat kita ini asli orang Jawa jadi setiap ulang tahun selalu menggunakan adat Jawa yaitu potong tumpeng dan dihibur oleh pertunjukan kuda lumping,” tukasnya. (HS-05)