Kukuhkan 15 PAUD Kecamatan

Silampari Online,

REJANG LEBONG – Sesuai dengan program dari pemerintah pusat menggalakkan satu desa satu Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Selasa (20/1) TP PKK Rejang Lebong mengukuhkan 15 PAUD kecamatan. Pengukuhan dipusatkan di Balai Agung, Lapangan Setia Negara, Curup masa jabatan 2018-2021.

Muat Lebih

“Pendidikan Anak Sejak Usia Dini sangat penting untuk membentuk karakter anak-anak sebagai generasi penerus bangsa. Bunda PAUD bertugas memberikan perlindungan, perawatan, pendidikan kepada anak-anak PAUD di wilayahnya masing-masing,” kata Bunda Fitri dalam sambutanya.

Dijelaskan Bunda Fitri, usia dini otak berkembang dengan sangat cepat. Menerima dan menyerap dengan sangat cepat, bukan hanya hal yang baik tapi juga tidak baik. Semuanya di serap tanpa terkecuali. Untuk itu Bunda PAUD tiap kecamatan memiliki tugas mendata kembali jumlah yang aktif di kecamatannya masing-masing. Lalu mendata jumlah murid PAUD dan nama pengajarnya. Kemudian membuat laporan sebulan sekali kepada PKK dan bidang PAUD di Disdikbud Rejang Lebong. “Dari data tersebut akan dirapatkan solusi terhadap PAUD yang tidak aktif, terus langkah yang akan diambil kerena pendidikan paud ini sangat mempengaruhi perkembangan anak -anak Rejang Lebong kedepan,” terang Bunda Fitri.
Sementara itu, Sekretrais Daerah (Sekda) mewakili Bupati Rejang Lebong mengatakan, saat ini baru ada 109 lembaga PAUD dengan program TK, Kober, TPA dan SPS. Degan jumlah siswa atau warga belajar lebih kurang 3.479 orang. Terdiri dari 2.833 terdaftar di Data Pokok Pendidikan (Dapodik) Kemendikbud. Selebihnya sebanyak 646 orang belum terdaftar di Dapodik atau siswa yang terdaftar di lembaga PAUD yang lembaganya belum memiliki NPSN. Kemudian, jumlah tenaga pendidik PAUD menurut Sekda ada 654 orang, terdiri dari 109 orang PNS dan 545 orang tenaga honorer. “Ada 72 desa/kelurahan di Rejang Lebong yang belum memiliki lembaga PAUD. Tentu hal ini menjadi tantangan sekaligus peluang bagi kita untuk memberikan pendidikan yang baik, sesuai dengan pencanangan pemerintah pusat idealnya satu desa 1 PAUD dan program ini harus didukung penuh,” kata Sekda Rejang Lebong RA.Denni,SH.MM.

Disamping itu, sosialisasi tentang PAUD ini harus menyentuh seluruh lapisan masyarakat. Sehingga pemahaman pentingnya keberadaan PAUD bagi anak-anak usia dini untuk mendapatkan pendidikan dan bermain yang terarah. “PAUD ini juga bukan hanya tugas Dinas Pendidikan semata, tapi semua kalangan masyarakat termasuk perangkat desa harus mempunyai kepedulian pendidikan anak-anak di desanya,” ucapnya.

Pengukuhan Bunda PAUD kecamatan se-Kabupaten Rejang Lebong Periode 2018 – 2021 juga dihadiri Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD), kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Camat hingga masyarakat.(HS-05)