oleh

Kunci Sukses Jathi Printing Kembangkan Usaha Percetakan

Silampari Online, 

Musi Rawas – Tingginya kebutuhan cetakan telah mendorong tumbuh suburnya bisnis usaha jasa percetakan. Tak hanya di kota besar, di berbagai daerah usaha percetakan dalam berbagai bentuk dan skala juga banyak bermunculan.

Salah satu usaha jasa percetakan yang sedang berkembang di tengah ketatnya persaingan usaha disektor jasa percetakan adalah Jathi Printing.

Berlokasi di Jl Syahril Wahab Kecamatan Megang Sakti, Wahyudi (42) Pria paruh baya ini memulai usaha percetakan, pengalaman dan kemampuan mengelola usaha percetakan ia peroleh saat dirinya bekerja  di sebuah perusahaan percetakan di provinsi Jambi.

Bermodalkan niat yang kuat untuk memiliki usaha sendiri dan keinginan untuk dapat menciptakan lapangan kerja, dirinya memutuskan berhenti bekerja dan memilih mendirikan usaha sendiri dengan modal dari hasil gaji yang ia kumpulkan selama bertahun-tahun.

Saat berbincang dengan silampari Online, Selasa (5/1/2021) pria berdarah Jawa ini menceritakan nama Jathi Printing memiliki arti kuat, langgeng, dengan harapan semoga usaha yang ia jalankan  bisa tetap kuat dan berkelanjutan, ucapnya.

Dalam menjalankan usaha tentu diperlukan strategi usaha yang harus di bangun supaya mampu mendapatkan loyalitas dari pelanggan.

Jathi Printing sebagai pendatang baru di dunia usaha percetakan menyadari betul tanpa strategi tersebut tentu akan sulit bertahan, beberapa strategi yang dilakukan Jathi Printing dalam membangun loyalitas pelanggan diantaranya.

Pelayanan prima menjadi kunci utama dalam menjalankan usaha percetakan ini. Sebagian konsumen akan membandingkan cara pelayanan percetakan satu dengan lainnya. Apalagi era sekarang dibutuhkan pelayanan yang cepat dan tepat agar bisa memenuhi kebutuhan konsumen, pelayanan yang cepat dan respon yang baik menjadi kunci penting dalam sebuah bisnis percetakan yang berhasil. Biasakan respon yang cepat dan tanggap dalam menghadapi konsumen.

Selanjutnya Strategi penentuan harga yang kompetitif juga sangat penting dalam menjalankan usaha, Banyak tempat cetak lainnya yang menawarkan harga murah tetapi tidak memperhatikan kualitasnya.

Seharusnya harga yang kompetitif tidak mengurangi kualitas hasil produksi. Pertimbangkan masak-masak kualitas hasil cetaknya. Misalkan saja cetak brosur dan stiker, maka warna dan kertas yang baik dan sesuai kualitasnya.

Kunci sukses lainnya dalam menjalankan bisnis percetakan adalah deadline. Tepat waktu dalam menyelesaikan order akan menumbuhkan rasa percaya konsumen kepada kita.

Untuk itu sebelum menerima order atau pesanan, pertimbangkan dengan cermat waktu yang dibutuhkan untuk mengerjakannya. Tambahkan beberapa hari dalam menentukan deadline hasil pekerjaan agar tidak menimbulkan kekecewaan konsumen. (Musyanto)