oleh

Kunsa, Alat Pemisah Biji Padi Dikagumi Satga TMMD 110

LANDAK – , Prada David, anggota TMMD 110/ Kodim 1201 Mempawah – Landak berkesempatan melihat langsung cara pembuatan alat tradisional bernama Kunsa di Desa Tolok, Kecamatan Menyuke, Kabupaten Landak, Selasa (16/03/2021). Kunsa adalah alat tradisional terbuat dari kayu yang berfugsi memisahkan biji padi yang kosong.

“Karena tidak semua biji padi yang dipanen itu berisi, dibuatlah alat yang bernama Kunsa ini untuk memisahkan padi yang tidak memiliki isi,” ujar Prada David.

Sementara itu, Alip, pembuat Kunsa sempat menjelaskan cara kerja alat tradisional itu kepada Prada David. Cara kerjanya sederhana, bila Kunsa sudah jadi, hanya tinggal memutar pedal seperti yang ada pada sepeda pada umumnya.

“Karena ada alat tradisional ini, memisahkan padi yang memiliki isi dan tidak menjadi semakin ringan, tidak terlalu menguras banyak tenaga,” tutup Prada David. (pendim1201)

Tentang Penulis: admin

Gambar Gravatar
Harian Silampari merupakan nama daerah di Bumi Silampari yang memiliki tiga wilayah satu kota dan dua kabupaten di provinsi Sumsel