Lab LH akan Segera Diaktifkan

KANTOR : Kantor DLH Kabuoaten Empat Lawang, di kawasan Perkantoran Pemkab Empat Lawang Landscape Km 7,5 Tebing Tinggi Kabupaten Empat Lawang, Selasa (10/9). Foto : Fahrurozi/HS.

SILAMPART ONLINE

EMPAT LAWANG
– Keberadaan laboratorium lingkungan hidup (Lab LH), bagi Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Empat Lawang, sangat diperlukan. Ibarat sayur tanpa garam, peribahasa yang dapat menggambarkan pentingnya keberadaan Lab LH yang memang tidak dapat dipisahkan dari DLH.

Kepala DLH Kabupaten Empat Lawang, Munfazir Ghozali melalui Kabid Penataan dan Penaatan Lingkungan, Dading Purwadi mengatakan, keberadaan Lab LH dalam lingkungan kerja DLH Kabupaten Empat Lawang, akan segera diaktifkan. “Untuk Sumber Daya Manusia (SDM)-nya, kita cukup siap. Ada banyak tenaga ahli yang bisa ditempatkan nanti di sana,” kata Dading saat dibincangi wartawan di ruang tugasnya, Selasa (10/9/2019).
Kemungkinan nantinya lanjut Dading, Lab LH akan dipimpin oleh Kepala Lab LH , dibawah Bidang Pengeloaan Pencemaran DLH Kabupaten Empat Lawang, atau membentuk bidang baru. “Semacam Unit Pelaksana Tekhnis Kegiatan atau UPTD, dibawah DLH langsung. Tapi, ini baru kemungkinan,” ujarnya.
Namun yang pasti, terang Dading, semuanya akan dimulai dari Nol lagi. Pasalnya, keberadaa  Lab LH harus memilki berbagai persyaratan seperti verifkasi dari Kementerian Lingkungan Hidup dan sebagainya. “Tahap demi tahap itu akan dipenuhi, agar nanti keberadaan Lab LH di DLH Kabupaten Empat Lawang, dapat terakreditasi,” sebutnya.

Untuk tempat Lab LH itu sendiri, DLH Kabupaten Empat Lawang sebelumnya memang sudah memiliki gedung Lab LH yang saat ini ditempati Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Empat Lawang. “Saat ini gedung Lab LH masih ditempati Dinas Kominfo. Ketika semuanya dirasa sudah siap, Lab LH baru kita aktifkan,” tukasnya. (HS-05)