Lakukan Pendekatan Persuasif

Silampari Online,

EMPAT LAWANG – Salah satu upaya untuk mencegah jangan sampai terjadi hal-hal yang tidak diinginkan di dalam Rumah Tahanan (Rutan) Tebing Tinggi, adalah melakukan pendekatan persuasif terhadap warga binaaan Rutan. Hal tersebut dikatakan Kepala Rutan Tebing Tinggi, Yudhi Hairudin saat dibincangi Harian Silampari di Tebing Tinggi, Kamis (22/2).

Muat Lebih

Selain melakukan pendekatan persuasif, dikatakan Yudhi, pihaknya melakukan penggeledahan rutin ke setiap ruang tahanan, dengan bekerjasama dengan pihak Kepolisian Resort (Polres) Empat Lawang, untuk mengatisipasi masuknya barang-barang yang semestinya tidak diperkenankan ada di dalam ruang tahanan.

“Kita juga selalu melakukan pendekatan keagamaan (rohani) kesetiap individu warga binaan rutan, agar tidak terjadi hal-hal yang sangat tidak kita ingini,” ungkapnya.

Selanjutnya kata Yudhi, untuk menjaga warga binaan agar tetap terjaga kesehatannya, pihak Rutan Tebing Tinggi bekerjasama dengan Puskesmas Tebing Tinggi, melakukan cek kesehatan rutin dalam setiap bulannya. “Seperti yang kita lakukan hari ini, kita lakukan cek kesehatan bagi warga binaan dan ini kita lakukan rutin setiap bulannya, untuk memastikan kondisi kesehatan warga binaan,” ujarnya.

Penting dilakukan, kata Yudhi lagi, memperlakukan warga binaan secara manusiawi itu sangat penting. Tentu saja, jika itu dilakukan, kondusifitas dalam Rutan tetap bisa terjaga dan gejolak. “Alhamdulillah saat ini air PAM sudah megalir normal ke dalam Rutan dan secara bertahap Insya Allah, permasalahan-permasalahan yang selama ini menjadi beban Rutan, akan berangsur-angsur kita selesaikan,” katanya. (HS-04)