Lakukan Tidur Yang Sehat Tanpa Cahaya

Ilustrasi Tidur. foto Karikatur dari Internet

SILAMPARI ONLINE

Oleh : Okta Pitarliani

Tidur adalah suatu keadaan bawah sadar dimana seseorang masih dapat dibangunkan dengan pemberian rangsang sensorik atau dengan rangsang lainnya (Guyton & Hall, 1997). Ketika kita tidur, beberapa organ akan beristirahat sehingga daya tanggap pasti akan berkurang. Tubuh manusia adalah keseluruhan struktur fisik organisme manusia  yang sangat membutuhkan istirahat. tidur di malam hari merupakan waktu yang tepat dan sangat baik untuk mengistirahatkan tubuh. Waktu yang dibutuhkan orang dewasa untuk tidur yaitu 7-8, sedangkan  pada anak-anak dan remaja  kurang lebih 10 jam.

Muat Lebih

Kualitas tidur dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya  adalah cahaya. Cahaya yang ada pada saat tidur akan menghambat produksi hormone melantonin di dalam darah, homon melantonin ini sangat berperan penting dalam proses tidur dan kualitas tidur seseorang. kualitas tidur sangat penting bagi  kesehatan karena berpengaruh terhadap fisik dan mental seseorang. tidur dengan teratur memberikan banyak manfaat dan dampak yang baik bagi kesehatan tubuh. jika tidur secara teratur maka tubuh pada saat bangun di pagi harinya akan lebih terasa fresh dan dapat melakukan aktivitas dengan baik.

Menurut penelitian Rista Suci Rusmiyati tahun 2015 Ada pengaruh pengguaan cahaya lampu terhadap kualitas tidur remaja. Dengan tidak menggunakan lampu pada saat tidur kualitas tidur seseorang akan semakin baik. Menurut para peneliti dari Harvard, masyarakat kita masih banyak terpapar cahaya pada saat tidur. Penyebabnya bukan hanya kamar yang terlalu terang,tetapi juga lampu yang dinyalakan berjam-jam sebelum kita tidur. Para peneliti dari Universitas Oxford, Inggris menemukan wanita yang tidur di bawah nyala lampu memungkinkan mereka untuk memiliki index massa tubuh dan pinggang lebih besar dari pada wanita yang tidur di tempat gelap. Sebuah riset menunjukkan, jika tidur dengan terlalu banyak cahaya maka bisa mengganggu tidur kita yang sehat, bahkan meningkatkan risiko gangguan tidur dan masalah kesehatan lainnya. Dikutip dari Everyday Health, menurut riset terbaru bahkan kombinasi keduanya (cahaya terang dan gangguan tidur) bisa membuat kita lebih gemuk bahkan obesitas, depresi, dan bisa berisiko terkena kanker. Maka dari itu lakukan lah tidur yang sehat tanpa cahaya agar kita terhindar dari gangguan kesehatan dan beberapa penyakit .

 

lalu bagaimana cara tidur sehatnya.??

Pertama, Matikan semua sumber cahaya seperti televisi, komputer, ponsel, tablet, setidaknya satu jam sebelum pergi tidur. Jika cahaya birunya mengarah langsung ke mata maka bisa membuat mata anda menjadi lelah.

Kedua,  jika anda memiliki rasa takut akan kegelapan saat tidur, kamu bisa mengatasinya dengan perlahan mematikan satu-satu sumber cahaya.

Ketiga,  Masih merasa tak nyaman jika tak ada cahaya saat tidur, Batasi sumber cahaya, misalnya membuka sedikit gorden untuk membiarkan cahaya dari luar masuk ke kamar, atau bisa mengenakan masker mata pada saat tidur.

Keempat, Lampu tidur bisa menjadi solusi, namun pilihlah yang memancarkan warna jingga atau merah. Warna ini terbukti tidak akan mengganggu sistem sirkadian atau siklus tubuh anda.

Kelima,  Saat terbangun untuk buang air di tengah malam, ketimbang nyalakan lampu utama anda bisa menggunakan senter atau pasang lampu tidur di dalam kamar mandi.

Keenam, Atur jam tidur sesuai yang dibutuhkan oleh tubuh anda.

Semoga cara mudah tidur yang sehat dari saya bermanfaat. Lakukanlah tidur yang sehat dengan baik agar anda bisa memperoleh manfaat nya bagi tubuh dengan baik juga.

Penulis : Mahasiswi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sriwijaya.