oleh

Lama Menunggu, Calon Jamaah Haji Musi Rawas Gagal Diberangkatkan

-Musi Rawas-225 Dibaca

Silampari OnlineĀ 

MUSI RAWAS- Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Musi Rawas (Mura) memastikan 156 calon jamaah haji (CJH) tahun 2021 gagal diberangkatkan.

Pembatalan keberangkatan tersebut tertuang dalam Surat Keputusan Kementerian Agama Republik Indonesia Nomor 660 tahun 2021 tentang Pembatalan Keberangkatan Jemaah Haji pada Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 1442 H/2021 M.

Kepala Kantor (Kakan) Kemenag Kabupaten Mura, H Hermadi saat dihubungi Silampari Online Jum’at (5/6/2021) mengatakan pihaknya selaku kantor wilayah Kementerian Agama di tingkat Kabupaten akan mengikuti kebijakan yang telah diputuskan oleh pusat.

“Kami jajaran Kemenag wilayah Kabupaten akan mengikuti apa yang telah diputuskan oleh pusat, dan saat ini kita masih menunggu penjelasan terkait apa yang akan kita sampaikan kepada Jamaah atas di batalkannya keberangkatan tahun 2021 ini, terutama masalah pengembalian biaya haji yang telah dilunasi oleh calon jemaah haji,”jelas Hermadi.

Kemenag Mura baru akan mengikuti rapat zoom meeting yang di laksanakan Kemenag Pusat untuk membahas masalah tersebut, dan nanti hasilnya seperti apa kita akan sampaikan kepada calon Jamaah haji.

Ia menambahkan, CJH Mura yang gagal diberangkatkan pada tahun 2021 sebanyak 156 Jamaah, semuanya berasal dari Jamaah haji yang gagal diberangkatkan tahun 2020, dan mereka nantinya akan menjadi Jamaah prioritas untuk diberangkatkan pada tahun 2022.

Kemudian, sejauh ini pasca diumumkannya pembatalan keberangkatan jamaah haji 2021 Kemenag Mura mengaku belum ada calon Jamaah yang datang langsung ke kantor untuk mendapatkan informasi terkait gagalnya keberangkatan mereka ditahun 2021.

“Dari awal Kemenag Mura sudah melakukan sosialisasi kemungkinan terjadinya pembatalan keberangkatan jaman haji 2021, jadi apapun yang menjadi keputusan pemerintah saat ini sudah dapat diterima oleh para calon jamaah,”pungkasnya. (Musyanto)