Lapas – BNN Jalin Kerja Sama

KERJASAMA : Acara penandatanganan MoU antara Lapas Kelas IIB Empat Lawang dengan berbagai instansi di Lapas Kelas IIB Empat Lawang, Selasa (24/3/2020). Foto : Istimewa.

SILAMPARI ONLINE, EMPAT LAWANG – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Empat Lawang, menjalin kerja sama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Empat Lawang. Penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) antara kedua pihak dilaksanakan, Selasa (24/2).

Penandatangan MoU terkait pencegahan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap Narkoba (P4GN) tahun 2020, ini juga merupakan lanjutan dari MoU yang telah dilakukkan ditahun tahun sebelumnya, saat Lapas Kelas IIB Empat Lawang, masih berstatus Rutan Tebing Tinggi.

Muat Lebih

Kepala Lapas Kelas IIB Empat Lawang, M Ridwantoro dalam sambutannya mengatakan, penandatangan MoU antara Lapas Kelas IIB Empat Lawang dengan BNN Kabupaten Empat Lawang, merupakan kelanjutan kerja sama yang telah dilakukkan ditahun-tahun sebelumnya.

Disampaikannya, peran BNN Kabupaten Empat Lawang sebagai leading sector pelaksana kebijakan Nasional mengenai P4GN dan Prekursor Narkotika, sangatlah penting dan saat ini penyalahgunaan Narkotika menjadi salah satu musuh besar bangsa Indonesia.

“Pemberantasan penyalahgunaan narkotika merupakan tanggung jawab bersama, sehingga dibutuhkan sinergitas dari seluruh lapisan. Semua elemen diharapkan mampu berkontribusi dalam penanganan masalah baik diluar maupun di Lapas dan Rutan di Indonesia,” sebut M Ridwantoro dalam sambutannya.

Sementara itu, Kepala BNN Kabupaten Empat lawang, AKBP Syahril SH pada kesempatan itu diwakili Kasi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat (P2M), Azhari SKep berharap, kegiatan MoU ini bukan hanya kegiatan ceremony semata, namun ada aksi nyata, sehingga apa yang ducita-citakan bersama, yakni Lapas bersih Narkoba dapat terwujut.

“Penandatanganan MoU ini merupakan wujut dari keterbukaan Lapas kepada instansi vertikal dan perangkat hukum. Dengan demikian melalui kerjasama ini dapat membuat sinerginitas kerjasama antara lapas dan BNN Kabupaten Empat Lawang menjadi lebih erat,” harapnya.

Diketahui, selain menjalin kerja sama dengan BNN, pada kesempatan yang sama juga ditandatangani MoU antara Lapas Kelas IIB Empat Lawang dengan kantor Kementerian Agama (Kemenag) Empat Lawang dan Lapas Kelas IIB Empat Lawang dengan Puskesmas Tebing Tinggi serta Lapas Kelas IIB Empat Lawang dengan Kantor Pos Tebing Tinggi. (rilis/HS-06)