Lapas II A Over Kapasitas

<small> <div style="text-align:right;">FOTO : BADRI/HARIAN SILAMPARI</div></small> <strong>LAPAS :</strong> Tampak para pengunjung lembaga pemasyarakatan kelas IIA Curup tengah antri menunggu jam besuk siang Kamis (10/1) untuk mengunjungi keluarganya yang tersandung kasus hukum.

Silampari Online,

REJANG LEBONG – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIA Curup, Kabupaten Rejang Lebong, saat ini mengalami kelebihan daya tampung (over kapasitas ) hingga tiga kali lipat.Jumlah ideal lapas II A ini hanya 250 warga binaan namun di isi oleh 740 warga binaan.

Muat Lebih

Kepala Lapas Klas IIA Curup, Ahmad Faedhoni SH.MH mengatakan jumlah warga binaan di Lapas Klas IIA Curup sudah melebihi kapasitasnya namun kondisinya masih kondusif, hal ini tidak terlepas dari program layanan dan pembinaan yang mereka lakukan terhadap warga binaan di lapas.

” Langkah-langkah yang kami lakukan adalah melakukan pelayanan secara terbuka, tranfaran dan bebas pungutan, semua pelayanan yang kami berikan adalah gratis, walaupun sebenarnya bukan kapasitas lapas ini menampung 740 orang warga binaan,” kata Akhmad.

Sedangkan langkah lainnya sambung Akhmad memberikan pendidikan bagi warga binaan yang putus sekolah dan masih berminat menimba ilmu pengetahuan melalui program paket-C, di mana sepanjang 2018 ini jumlah warga binaan yang sudah lulus enam orang.

” Setiap Sabtu warga binaan yang belum memiliki ijazah SMA,SMP kita bekerjasama dengan PKBM Bina Mandiri melaksanakan kelompok belajar sehingga bisa mengikuti ujian Paket, ” terang Akhmad.

Menurut Akhmad pembinaan keagamaan melalui program pesantren di lapas, kalangan warga binaan yang menghuni Lapas Klas IIA Curup selain berasal dari Kabupaten Rejang Lebong, Lebong juga dan Kabupaten Kepahiang.

“Warga binaan ini dalam kesehariannya di jaga oleh petugas Lapas Klas IIA Curup yang saat ini mencapai 103 orang,” singkat Akhmad.(HS-06)