oleh

Lebaran, Pelayanan Puskesmas L Sidoharjo Ditutup

Silampari Online 

MUSI RAWAS- Layanan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) L Sidoharjo yang meliputi pelayanan 7 Desa di Kecamatan Tugumulyo akan ditutup.

Kepala Unit Pelaksanaan Teknis (KUPT) Puskesmas L Sidoharjo, Kecamatan Tugumulyo, Kabupaten Musi Rawas (Mura), Ika Putri Agustin melalui Kepala Tata Usaha (KTU) Budi Santoso mengatakan tutupnya layanan Puskesmas L Sidoharjo karena libur hari raya idul fitri.

“Libur hari raya pelayanan Puskesmas tutup. Dimana, hal tersebut sebagaimana Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri menentukan perubahan hari libur nasional dan cuti bersama pada 2021, termasuk di dalamnya libur lebaran 2021. Cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1442 H pada 12 Mei 2021 Sementara itu, hari libur nasional Hari Raya Idul Fitri 1442 H, yakni 13-14 Mei 2021,”jelas Budi kepada Silampari Online, Kamis (6/5/2021).

Hanya saja, tidak menutup kemungkinan layanan akan Puskesmas akan tetap dibuka jika memang ada edaran dari Kabupaten untuk tetap membuka layanan di hari raya.

“Untuk saat ini kita belum mendapatkan surat edaran tersebut. Sehingga masih berpedoman pada SKB menteri,”terangnya.

Mengenai penetapan larangan pelaksanaan shalat idul fitri di dua Desa yang berada diwilayah kerja Puskesmas L Sidoharjo yaitu Desa L Sidoharjo dan Desa Dwi Jaya akibat masuk zona orange dan merah. Maka pihaknya juga belum mendapatkan petunjuk teknis (Juknis) yang harus dilakukan pihak Puskesmas.

“Kita tunggu Juknisnya dulu dari Pemerintah Kabupaten terkait larangan shalat idul fitri tersebut, namun pihaknya menyakini satu Desa di wilayah kerjanya yaitu Desa Dwi Jaya kemungkinan statusnya akan berubah dari orange ke kuning atau mungkin hijau, karena sampai saat ini sudah tidak ada penambahan kasus warga yang terpapar virus Covid-19,”ungkapnya.

Untuk diketahui Puskesmas L Sidoharjo meliputi wilayah kerja untuk Desa Kali Bening, L Sidoharjo,  Surodadi, Tambah Asri, Wono Rejo, Dwi Jaya, dan Desa Y Ngadirejo. (Musyanto)