Lelang Barang Diatas Rp200 Juta Wajib SPSE

Sekretaris Diskominfo Mura, M Rozak.

Silampari Online, 

MUSI RAWAS– Dinas Komunikasi, Informasi dan Statistik (Diskominfo) Kabupaten Musi Rawas (Mura) menyatakan untuk pengadaan barang diatas Rp200 juta wajib dilakukan secara lelang. Dimana, lelang tersebut dilakukan dengan Sistem Pengadaan Secara Elektronik (SPSE).
Hal ini disampaikan Kepala Diskominfo Kabupaten Mura, H Bambang Hermanto melalui Sekretaris Kominfo, Rozak didampingi Kasi Tata Kelola Ekov, Ismarlia Ikewati, saat diwawancarai Harian Silampari, Rabu (28/2) diruang kerjanya.
Dijelaskannya, saat ini telah digulirkan layanan pengadaan secara elektronik (LPSE) atau layanan pengadaan secara elektronik yang merupakan penyelenggara sistem elektronik terhadap pengadaan barang/jasa pemerintah. Dimana, untuk tahun ini sudah mulai berjalan tepatnya lelang di Dinas Pekerjaan Umum (DPU) melalui Unit Layanan Pengadaan (ULP) secara sistem elektronik. “Siapapun bisa ikut namun tentunya sudah trdaftar secara sistem pengadaan secara elektronik (SPSE). Kelebihan dengan lelang secara elektronik lebih transparan, efisisn, terbuka untuk umum,”jelasnya.
Lebih lanjut dirinya menjelaskan, untuk masyarakat yang ingin mendaftar menjadi peserta lelang bisa secara online diportallpse.musirawaskab.go.id. Dimana, setelah itu melengkapi berkas yang ada sebagai syarat peserta lelang dengan sistem menggunakan SPSE 3.6 dan SPSE 4.1.2. “Siapapun yang ingin menjadi peserta lelang bisa mendaftar. Akan tetapi, tentunya dengan mengikuti tahapan dan syarat yang ada,”terangnya.
Menurutnya, untuk lelang diatas Rp200 juta khususnya jasa konsultan wajib menggunakan jasa elektronik dan mengacu pada aturan yang ada. Sebab, dengan sistem tersebut tentunya akan memberikan banyak manfaat terutama agar dapat lebih transparan.“Tentu semuanya harus mematuhi aturan yang ada. Sebab, pengadaan barang/jasa pemerintah tentunya melalui prosedur dan dilakukan secara online,”ungkapnya.
Sementara itu, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Mura, Mahmud menjelaskan, pengadaan barang dan jasa pemerintah merupakan salah satu aktifitas yang sering mendapat sorotan. Bahkan, beberapa tahun terakhir permasalahan dalam pengadaan barang dan jasa pemerintah mulai berkurang sejak diadakannya sistem pengadaan secara elektronik. “Bila pengadaan barang dan jasa melalui SPSE tentu dapat menjamin tersedianya informasi, kesempatan usaha dan mendorong terjadinya persaingan yang sehat,”pungkasnya. (HS-02)