Lima Desa Jadi Objek Wisata

<small> <div style="text-align:right;">FOTO : ISTIMEWA</div></small> Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Empat Lawang, Mgs Ahmad Nawawi

Silampari Online,

EMPAT LAWANG – Dinas Pariwisata Kabupaten Empat Lawang, akan menetapkan lima desa di Bumi Saling Keruani Sangi Kerawati, sebagai desa wisata pada 2019 ini.

Muat Lebih

Lima desa wisata yang akan ditetapkan meliputi Desa Terusan Lama Kecamatan Tebing Tinggi dengan wisata pantai dan dermaga sungai Musi, Desa Ulakdabuk Kecamatan Talang Padang dengan wisata air terjun.

Selanjutnya, Desa Penantian Kecamatan Pasemah Air Keruh (Paiker) dengan wisata Suban air panas, Desa Tanjung Alam Kecamatan Lintang Kanan dengan wisata air terjun tujuh panggung dan Desa Sawah Kecamatan Muara Pinang dengan wisata pemandian putri.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Empat Lawang, Mgs Ahmad Nawawi mengatakan, lima desa akan ditetapkan sebagai desa wisata di Kabupaten Empat Lawang, pada tahun ini juga.

Melalui penetapan desa wisata ini kata dia, diharap dapat mendorong wisatawan baik lokal maupun manca negara untuk tertarik dengan wisata maupun kebudayaan di Kabupaten Empat Lawang

“Dalam waktu dekat lima desa ditetapkan sebagai desa wisata, tentu penetapan ini Dinas Pariwisata Empat Lawang akan membantu membina dan mendorong sektor wisata yang ada di desa tersebut,” ungkap Mgs A Nawawi, kemarin.

Selain itu kata Wawi (sapaab akrabnya, red) sarana perlengkapan dan akses menuju lokasi wisata yang harus ditingkatkan agar menarik kunjungan masyarakat

Wawi menambahkan kendala saat ini masih minimnya sarana pendukung dan penunjang, seperti jalan di lokasi wisata sehingga menjadi hambatan majunya wisata di Empat Lawang tentu hal ini pihaknya akan terus berupaya mengusulkan agar sarana lain seperti gazebo, lokasi pedagang seperti pernak-pernik khas daerah dan toilet tersedia di desa wisata.

“Kedepan setelah penetapan lima desa wisata ini berjalan, akan ada penambah lima desa lain sebagai desa wisata mewakili setiap kecamat yang berjumlah sepuluh Kecamatan di Empat Lawang,” tandasnya. (HS-05)