Lima Siswa SMP Terbukti Minum Miras dan Obat Batuk

MONEV : Kasi P2M BNN Kabupaten Empat Lawang, Azhari (dua dari kiri) saat melaksanakan Monev di SMP Negeri 5 Tebing Tinggi, Kabupaten Empat Lawang, Kamis (24/10/2019). Foto : Istimewa.

SILAMPARI ONLINE, EMPAT LAWANG – Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Empat Lawang, kembali melaksanakan kegiatan monitoring dan evaluasi (Monev) ke sejumlah sekolah. Kali ini ke SMP Negeri 5 Tebing Tinggi, Kamis (24/10/2019).

Tidak hanya sekedar Monev, di sekolah itu Tim BNN Kabupaten Empat Lawang, secara mendadak menggelar tes urine ke sejumlah siswa. Hasilnya, 5 siswa terindikasi meminum minuman keras dan obat batuk yang diduga disalahgunakan oleh siswa tersebut.

Muat Lebih

Kepala BNN Kabupaten Empat Lawang, AKBP Syahril SH melalui Kasi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat (P2M), Azhari mengakui adanya kegiatan Monev dan tes urine mendadak yang dilakukan pihaknya ke SMP Negeri 5 Tebing Tinggi.

“Iya benar, kami melaksanakan Monev ke sekolah itu dan sekaligus melakukan tes urine mendadak kepada 5 orang siswa. Hasilnya, kelima siswa itu semuanya positif meminum minuman keras dan mengkonsumsi jenis obat batuk yang diduga disalahgunakan oleh kelima siswa tersebut,” ungkap Azhari.

Kemungkinan lanjut Azhari, kelima siswa itu mengkonsumsi minuman keras dan obat batuk itu beberapa hari lalu. Namun dengan adanya temuan ini mejadi bukti bahwa anak-anak sangat rentan menyalahgunakan obat-obatan dan minuman keras.

“Ya, ini menjadi warning untuk semua pihak, bahwa penting bagi kita untuk mengatasi masalah ini, karena alkohol, penyalahgunaan obat-obatan bahkan Narkoba sudah begitu dahsyatnya mengancam anak-anak kita,” ucap Azhari. (HS-05)