Lobang Galian Jalan Ancam Keselamatan

LOBANG : Kondisi lobang-lobang galian untuk tambal sulam jalan yang terkesan dibiarkan, di Jalintengsum kawasan Talang 12 Desa Lubuk Kelumpang, Kecamatan Saling Kabupaten Empat Lawang, Rabu (31/7/2019). Foto : Fahrurozi/HS.

Silampari Online,

EMPAT LAWANG – Pelaksanaan perbaikan jalan lintas tengah sumatera (Jalintegsum) di wilayah Kecamatan Saling Kabupaten Empat Lawang, membuat kesal pengendara. Pasalnya, lobang-lobang yang dibuat untuk pelaksanaan tambal sulam jalan, tidak langsung diaspal, namun dibiarkan begitu saja oleh pihak pelaksana pekerjaan.

Bacaan Lainnya

Setidaknya sekitar 2 kilometer, lobang-lobang yang dibuat untuk proses pelaksanaan tambal sulam jalan, hingga saat ini belum diaspal. Dengan kondisi jalan dibiarkan berlobang tersebut, berpotensi terjadinya kecelakaan lalulintas (lakalantas).

“Ini lobang sudah lama belum ditambal, sangat mengganggu, bahkan mengancam keselamatan pengguna jalan,” ujar Ujang, salah seorang pengendara saat dibincangi wartawan, Rabu (31/7/2019).

Menurut Ujang, sering kali dirinya nyaris bertabrakan dengan kendaraan lain. Pasalnya, baik kendaraan yang ada di depannya maupun dirinya, sama-sama menghindari lobang-lobang tersebut. “Beruntung karena kita konsentrasi, kecelakaan dapat terhindarkan,” imbuhnya.

Ujang menyebut, pelaksana perbaikan jalan terkesan asal dan sebrono dalam melaksanakan pekerjaan perbaikan jalan tersebut. “Kalau belum langsung diaspal, seharusnya jangan dulu dilobangi. Kalau seperti ini sama saja mereka sembrono dan asal-asalan,” sebutnya.

Demikian juga disampaikan Mukmin, pengguna jalan warga Empat Lawang, meminta pelaksana jalan negara agar melakukan teguran kepada pihak rekanan pelaksana perbaikan jalan tersebut. Sebab pelaksanaan pekerjaan telah mengancam keselamatan pengendara selaku pengguna jalan.

“Itu bukan perbaikan namanya, tapi bikin ranjau di jalanan,” tukasnya. (HS-05)