Lubuklinggau Targetkan Raih Nilai A. Ini Dilakukannya

Sekda Kota Lubuklinggau, HA Rahman Sani memimpin rapat di di Oproom Dayang Torek, dengan agenda evaluasi SAKIP tahun 2019, Senin (29/7/2019).

Silampari Online,

* Evaluasi SAKIP 2019

Bacaan Lainnya

LUBUKLINGGAU – Bertempat di Oproom Dayang Torek, berlangsung rapat evaluasi SAKIP tahun 2019. Rapat tersebut dipimpin Sekda Kota Lubuklinggau, HA Rahman Sani serta dihadiri Asisten III, sejumlah Kepala OPD dan pihak terkait lainnya.

Secara umum rapat tersebut membahas masalah evaluasi sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintahan yang merupakan integrasi dari sistem perencanaan, penganggaran dan pelaporan kinerja, selaras dengan pelaksanaan sistem akuntabilitas keuangan.
Rencananya evaluasi SAKIP dilaksanakan bersamaan dengan evaluasi reformasi birokrasi (RB) yang diperkirakan pada 6 -7 Agustus mendatang.

Adapun instansi yang akan dievaluasi sebanyak 14 OPD masing-masing Bapeddalitbang , Inspektorat, Dinas Pendidikan, Dinas Tenaga Kerja, Dinas Perdagangan dan Perindustrian, Dinas PUPR, Dinas Perkim, Dinas Kominfo, Dinas Kesehatan, Dinas Pertanian, Dinas Pariwisata, Dinas Ketahanan Pangan, DPMPTSP, dan Dinas Kependudukan dan Capil.
Dokumen yang harus disiapkan kepala daerah untuk disampaikan saat paparan ada lima, yaitu cascading kinerja perangkat daerah, manajemen kinerja perangkat daerah, rencana aksi perangkat daerah tahun 2019 , capaian kinerja perangkat daerah dan resume kinerja perangkat daerah. Semua dokumen yang sudah disiapkan tersebut sudah divalidasi oleh Bappedalitbang.

Sekda Kota Lubuklinggau HA Rahman Sani meminta kepada semua pihak agar membantu kelancaran proses dokumentasi dan validasi data tersebut. Secara teknis ada lima dokumen yang mesti disiapkan oleh Kepala OPD.
“Hal ini perlu mendapat perhatian serius karena sifatnya sangat penting. Anggaran yang telah digunakan harus sesuai dengan yang kita capai saat ini,” ujarnya.

Lebih lanjut Sekda menegaskan bagi OPD yang belum mengumpulkan dokumen, harus mengumpulkannya paling lambat 6 Agustus nanti. “Lakukan evaluasi apa yang sudah dilaksanakan dan apa yang akan dilaksanakan. Saya berharap pada 2020 mendatang, yang belum terealisasi pada tahun ini bisa dilaknakan seluruhnya,” tegasnya.

Sementara itu Asisten lll, H Kahlan Bahar menambahkan masih ada waktu satu minggu bagi kita untuk melakukan evaluas. “Yang perlu sama-sama kita ingatkan adalah bahwa nilai BB yang kita raih sebelumnya mesti dipertahankan bahkan harus ditingkatkan menjadi A. Kita jangan terlena dengan apa yang kita raih sebelumnya. Evaluasi ini adalah peran serta inspektorat. Kita harus mencari strategi untuk memaparkan evaluasi SAKIP dan harus meyakinkan kepada team yang ada. Ini harus diadakan rapat seluruh kepala OPD,” imbuhnya. (Kominfo Lubuklinggau)