Mahasiswa Desak KPU Jaga Intregritas dan Profesionalisme

<small> <div style="text-align:right;">FOTO : ISTIMEWA</div></small> <strong>DESAK : </strong>Ketua KPU Kota Lubuklinggau Topandri didampingi anggota Polres Lubuklinggau menghimbau para mahasiswa ikut berperan aktif sukseskan Pemilu 2019, Senin (21/1).

Silampari Online,

LUBUKLINGGAU – Sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Lubuklinggau, saat melakukan aksi damai di halaman kantor KPU setempat, Senin (21/1). Mereka menyampaikan tiga poin tuntutan, salah satunya KPU harus menjaga integritas dan profesionalisme dalam melaksanakan tugasnya.

Muat Lebih

Koordinator Lapangan (Korlap) Syarifudin mengatakan, suksesnya pesta demokrasi berada di tangan KPU, karena mampu menciptakan pemimpin sesuai harapan rakyat. Komisioner KPU harus melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sesuai aturannya.

“Kami desak KPU melaksanakan tugasnya sesuai Undang-Undang (UU) No 7 tahun 2017 tentang Pemilu,” tegas Saripudin.

Usai aksi damai, Ketua KPU Kota Lubuklinggau, Topandri, didampingi Devisi Data dan Informasi, Vera Yulita, dan Devisi Hukum, Riko Saputra kepada wartawan mengaku, pihaknya telah berkomitmen untuk menyukseskan Pemilu 2019. Meski baru dilantik 7 Januari 2019 lalu, KPU sudah melaksanakan tahapan demi tahapan.

“Kami sudah melaksanakan beberapa tahapan Pemilu,” ucap Topandri.

Tahapan yang dilaksanakan seperti perekaman e-KTP warga binaan di Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Klas II A Lubuklinggau, lalu perekrutan relawan demokrasi.

Mengenai integritas, tidak perlu diragukan lagi karena integritas dari para komisioner KPU Kota Lubuklinggau telah teruji dan terbukti, dengan lulusnya sebagai penyelengara pemilu. Sebab, syarat yang harus dipenuhi yakni tidak terlibat dalam kepengurusan Partai Politik (Parpol) lima tahun berturut-turut. Kemudian, tidak sedang menjalani hukuman diatas lima tahun dengan dibuktikan dengan surat keterangan tidak sedang dihukum dari Pengadilan Negeri, termasuk SKCK dari kepolisian.

“Kami telah teruji dan terbukti,” ujarnya.

Dia berharap kepada mahasiswa khususnya HMI Cabang Lubuklinggau agar ikut berperan aktif dalam menyukseskan Pemilu 2019. contohnya, mengajak masyarakat menggunakan hak pilihnya pada 17 April 2019 serta memberikan pendidikan politik dengan menolak  money politik. “Mahasiswa harus jadi garda terdepan mensukseskan Pemilu 2019,” pungkasnya. (HS-08)