Makmurkan Masjid, Ubah Mainset Pengurus

Foto : Rian/PP PELATIHAN : Pengurus masjid se-Kota mengikuti pelatihan manajemen masjid digelar FKAM, Sabtu lalu.

SILAMPARI ONLINE

PRABUMULIH
– Mengubah mainset pengurus masjid di Kota Nanas ini, Forum Komunikasi Antar Masjid (FKAM) mengelar pelatihan manajemen masji di Aula Yayasan Islah Ummah Kampus Karang Raja, Sabtu lalu (14/9/2019).

Ketua Pelaksana, Hendra Jaya SPd MM menjelaskan, kalau penting sekali merubah mainset pengurus masjid. Kalau tugas mengurus masjid, bukan pekerja sampingan tetapi pekerjaan utama. “Tugas mengurus masjid masjid itu mulia, jadi harus jadi pekerjaan pokok. Sehingga, masjid menjadi makmur. Dalam artian ramai masyarakat sholat, dan pusat kegiatan agama lainnya. Bermanfaat bagi warga sekitar,” ujar Hendra.

Harapannya, lewat pelatihan ini, sebanyak 80 masjid pengurusnya diundang bisa mengelola manajemen masjid dengan baik dan bisa memakmurkannya. “Pengurus masjid bisa menambah wawasan dan pengetahuan dalam mengurus masjid,” akunya.

Ketua FKAM, H Ismet Hasan mengungkapkan, kemakmuran masjid memang ditentukan pengelolaan manajemen masjid baik.
“Makanya, mainset harus diubah. Kas masjid tidak hanya untuk disimpan saja, sementara itu kondisi masjid tidak layak. Kelola kas masjid, untuk kemakmuran masjid dan warga sekitar,” ujarnya.

Apalagi, menurutnya, masjid tidak hanya tempat ibadah. Tetapi juga, tempat pusat kegiatan keagamaan. Keberadaan masjid, juga harus memberikan dampak positif bagi warga sekitar. “Kita tanamkan, agar pengurus masjid mengelola masjid dengan baik. Lewat pemahaman dan pengetahuan pengelolaan masjid mumpuni,” pungkasnya. (PP-03)