Maksimalkan Pemasaran Beras Lalan

SILAMPARI ONLINE,

PALEMBANG- Rendahnya serapan pemasaran beras dari Kecamatan Lalan di wilayah Kabupaten Muba menjadi fokus Pemerintah Kabupaten Muba dibawah kepemimpinan Bupati Muba Dodi Reza. Diketahui, selama ini serapan pemasaran beras asal Kecamatan Lalan lebih banyak diserap oleh daerah-daerah di luar Kabupaten Muba.

Muat Lebih

“Nah, ke depan pemasaran beras dari Kecamatan Lalan ini akan dimaksimalkan di Muba sendiri dengan melibatkan KUD (Koperasi Unit Desa) dan pelaku UMKM di Muba,” ujar Sekda Muba Drs H Apriyadi MSi di sela menjadi mentor
Narasumber pada Seminar Implementasi Proyek Perubahan Peserta Pelatihan Kepemimpinan Nasiomal Tingkat II Angkatan XXII Provinsi Sumsel di Kantor Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah Pemprov Sumsel, Kamis (14/11/2019).

Dikatakan Apriyadi, di Kecamatan Lalan sendiri tercatat ada sebanyak 35 ribu hektar lahan persawahan pasang surut yang selama ini hasil panen di lahan tersebut dipasarkan di luar Muba.

“Selama ini petani Lalan hanya memasarkan Gabah untuk kemudian diambil oleh tengkulak dan akhirnya jadi beras premium, tentu ke depan gabah hasil Lalan ini akan diolah sendiri oleh Muba dan dipasarkan oleh warga Muba itu sendiri,” terangnya.

Lanjut Apriyadi, bahkan ke depan dirinya akan memberikan tantangan kepada Dinas Koperasi dan UMKM Muba untuk bekerjasama dengan pihak ketiga dalam hal ini Bank BRI untuk realisasi program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

“Kalau saat ini beras dari BPNT ini dari luar Muba, tapi ke depan Dinas Koperasi dan UMKM Muba bersama pihak BRI bekerjasama untuk menggunakan beras dari Lalan sehingga serapan beras Lalan dapat maksimal meningkatkan kesejahteraan petani Lalan,” ulasnya.

Sementara itu, Salah satu Peserta Pelatihan Kepemimpinan Nasiomal Tingkat II Angkatan XXII yang juga Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Zabidi, mengatakan saat ini juga upaya memaksimalkan pemasaran beras dari Lalan sudah dilakukan dengan pemasaran beras Lalan di sentra oleh-oleh Muba yakni di Warung Seluang.

“Jadi, beras Lalan ini juga dipasarkan sebagai produk oleh-oleh khas Muba dan saat ini pemasaran model seperti ini sudah kami mulai secara bertahap di Kota Sekayu,” jelas Zabidi.

Pada rangkaian Seminar Implementasi Pelatihan Kepemimpinan Nasiomal Tingkat II Angkatan XXII juga turut diikuti beberapa ASN di Pemkab Muba yakni diantaranya Staf Ahli Bupati Haryadi Karim, Kepala Dinas Tenaga Kerja Yusuf Amilin, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Ali Badri, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Zabidi, dan Sekretaris DPRD Sumsel Thabrani Rizki.

Laporan : Heryanto
Sumber : Humas Muba