Manfaatkan Seluruh Sumberdaya Entaskan Kemiskinan

LAPORAN : Kabid Pemberdayaan Perempuan, Farida Susanti saat menyampaikan laporan kegiatan sosialisasi Desa Prima, di aula Hotel Kito Tebing Tinggi, Selasa (3/3/2020). Foto : Fahrurozi/HS.

SILAMPARI ONLINE, EMPAT LAWANG – Pemerintah Kabupaten Empat Lawang, melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPMDP3A) Kabupaten Empat Lawang, menggelar sosialisasi Desa Perempuan Indonesia Maju Mandiri (Desa Prima), di aula Hotel Kito Tebing Tinggi, Selasa (3/3).

Sosialisasi ini diikuti kaum perempuan produktif dari desa dalam setiap kecamatan di wilayah Bumi Saling Keruani Sangi Kerawati. Acara dibuka Asisten 1 Pemkab Empat Lawang, H Indra Supawi bersama Kepala DPMDP3A Kabupaten Empat Lawang, Agus Rochmad Basuki dan perwakilan OPD dalam lingkungan kerja Pemkab Empat Lawang serta tamu undangan lainnya.

Muat Lebih

Kepala DPMDP3A Kabupaten Empat Lawang, Agus Rochmad Basuki melalui Kabid Pemberdayaan Perempuan, Farida Susanti dalam laporan kegiatannya menyampaikan, Desa Prima adalah sebuah desa percontohan untuk menanggulangi kemiskinan melalui upaya ekonomi disertai pengurangan beban biaya kesehatan dan pendidikan bagi keluarga miskin, dengan memanfaatkan seluruh potensi/sumber daya, baik alam maupun manusia.

Dalam kegiatan ini, dihadirkan nara sumber dari Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Sumatera selatan (Sumsel)

“Sasarannya adalah kaum perempuan atau kaum ibu di desa,” jelasnya.

Sementara, Asisten 1 Pemkab Empat Lawang, H Indra Supawi saat membacakan amanat tertulis Bupati Empat Lawang, H Joncik Muhammad menyampaikan, permasalahan perekonomian yang selalu dihadapi bangsa Indonesia adalah, tingginya angka kemiskinan dengan diikuti pembangunan yang global. Hal ini kata dia berbanding terbalik dengan kondisi bangsa yang besar namun masyarakatnya masih banyak dibawah garis kemiskinan.

“Permasalahan yang cukup komplek ini memerlukan investasi bersama seluruh elemen masyarakat untuk mengatasi persolan tersebut,” ungkap H Indra Supawi saat menyampaikan sambutannya untuk membuka acara tersebut.

Lebih lanjut dia menyampaikan, model Desa Prima adalah model desa yang melibatkan seluruh masyarakat untuk ikut dalam upaya meningkatkan kwalitas sumber daya perempuan sekaligus dalam rangka menanggulangi tingkat kemiskina di desa.

“Harapan saya dengan ada program ini, dapat meningkatkan jangkauan pembangunan daerah, dalam upaya kita mewujudkan Kabupaten Empat Lawang MADANI,” tandasnya. (frz)