oleh

Masuk Zona Orange, Berikut Update Kasus Covid-19 di Musi Rawas

Silampari Online 

MUSI RAWAS- Pandemi Covid-19 masih menyebar di Bumi Lan Serasan Sekentenan sebagaimana hasil laporan perkembangan situasi Covid-19 mingguan Kabupaten Musi Rawas (Mura) yang di keluarkan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Mura pada Senin (19/4/2021) Pukul 15.48 Wib.

Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Musi Rawas (Mura), H Edi Iswanto dalam laporannya yang di sampaikan kepada Bupati Mura nenerangkan Situasi Covid-19 Secara Umum Kabupaten Mura saat ini berada pada Zona Orange dengan jumlah kasus komulatif 482, jumlah sembuh 427 atau 88,6 persen, jumlah meninggal 24 atau 4,9 persen.

Kemudian, update perkembangan Covid-19  19 April 2021 terdapat 179 Desa/Kelurahan masuk dalam Zonasi hijau, 16 Desa Masuk dalam Zonasi kuning yaitu Desa Pedang Kecamatan Muara Beliti, Pangkalan Tarum Kecamatan BTS Ulu, Jambu rejo, Marga Baru dan Muara Rengas Kecamatan Muara Lakitan, Kertosono Kecamatan Jayaloka, Bangun Rejo Kecamatan Sukakarya, Kalibening, D Tegal Rejo dan B Srikaton Kecamatan Tugumulyo, Karya Sakti, Beliti Jaya, Tugu Sempurna dan Karya Mukti Kecamatan Muara Kelingi, Zonasi Organe 3 Desa yaitu Dwijaya, F Trikoyo Kecamatan Tugumulyo, Desa Karya Sakti Kecamatan Muara Kelingi kemudian 1 Desa masuk dalam Zonasi Merah yaitu Desa L Sidoharjo Kecamatan Tugumulyo.

Selain itu, untuk situasi vaksinasi Covid-19 di Mura tahap 1 cakupan 88.29 persen, dosis 2 78,9 persen,
tahap 2 cakupan 33,4 persen dosis 2 8,2 persen
Lansia cakupan 1.68 persen dan dosis 2 : 0.05 persen.

Dikatakannya sejauh ini Dinkes Mura sudah melakukan upaya tindakan berupa penerapan Prokes ketat, Pembuatan Posko Desa Covid-19, Penyuluhan dan melakukan koordinasi dengan tripika untuk mendorong pelaksanaan Yustisi.

Dilansir dari Color Zone Pandemic Response Version 2 yang dipublikasikan oleh Chen Shen dan Yaneer Bar-Yam pada laman New England Complex Systems Institute, berikut adalah penjelasan mengenai zona warna dalam pandemi Covid-19:

Zona orange berarti negara atau wilayah yang berdekatan dengan Zona Merah atau dengan klaster penyebaran kecil

Menerapkan protokol kesehatan yang sama dengan Zona Kuning. Mewajibkan protokol keselamatan pribadi termasuk pemakaian masker wajah.

Menunda atau membatalkan pertemuan dan acara yang tidak penting. Mendisinfeksi tempat umum dengan cairan disinfektan.

Melakukan tes secara aktif kepada semua orang dengan gejala Covid-19. Meningkatkan kapasitas dan kecepatan tes Covid-19. (Musyanto)