oleh

Masyarakat Mulai Kendor Terapkan Prokes Covid 19

Silampari Online, 

EMPAT LAWANG – Unsur Tripika Pasemah Air Keruh (Paiker), bersama anggota Satpol PP, Polsek, dan Puskesmas menggelar razia gabungan pendisiplinan protokol kesehatan (prokes) di wilayah Kecamatan Paiker, Jum’at (4/12).

Camat Paiker, Noverman Subhi mengatakan, pihaknya bersama Satpol PP, Polsek dan Puskesmas melaksanakan razia prokes dengan sasaran lokasi rawan keramaian salah satunya kawasan Pasar Mingguan (pasar kalangan, red) di Desa Air Mayan.

Dikatakannya, razia yang dilakukan pihaknya ini, karena dirinya meliahat masyarakat di kecamatannya mulai kendor dalam melaksanakan prokes pencegahan penularan COVID-19.

“Tindakan ini kita lakukan dikarenakan masyatakat sudah mulai abaikan penggunaan masker ketika berpergian ke lokasi umum seperti pasar kalangan ini,” ungkapnya.

Dalam razia kali ini lanjut Noverman, banyak masyarakat yang terjaring tidak menggunakan masker. Berbagai macam alasan ketika ditanya mengapa tidak pakai masker. “Alasan yang paling banyak karena lupa dan cuma pergi sebentar atau jaraknya dekat,” kata dia.

Tentu saja sambung dia, ini sangat miris terjadi. Oleh karena itu, untuk mendisiplinkan masyarakat, bagi warga yang tidak pakai masker, dihukum dengan sanksi sosial, untuk pelajar atau yang masih tergolong muda, diminta menyanyikan lagu wajib dan hukum push up dan untuk yang lansia diedukasi akan manfaat memakai masker dan disuruh pulang mengambil maskernya.

“Sanksinya masih sanksi soasial saja. Kita berikan edukasi akan pentingnya penggunaan masker itu sendiri, jangan sepelekan bahaya COVID-19 ini,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala UPTD Puskesmas Nanjungan Kecamatan Paiker, Siti Khodijah merasa prihatin dengan sikap masyarakat yang mengabaikan prokes di tengah keramaian. Terutama memakai masker, kata dia, wajib di manapun berada.

“Kalau terus-terusan masyarakat tak gunakan masker ini cukup memperihatinkan juga kondisinya. Makanya tadi kita sempatkan membagikan seratus masker sebagai bentuk kepedulian kita,” kat Siti Khodijah. (frz)