oleh

Mengenal Sosok Rektor Universitas Musi Rawas

Silampari Online 

MUSI RAWAS- Prof.Dr.Ir. Andy Mulyana, M.Sc.siapa yg yang tidak kenal dengan pria yang memiliki riwayat, kelahiran Jakarta, 2 Desember 1960 ini, ia adalah Rektor Universitas Musi Rawas (UNMURA).

Pria ini telah menyelesaikan jenjang pendidikan S3 Program Doktor Ekonomi Pertanian, pada Program Pascasarjana IPB, pada tahun 1998 ini,  dan sebelumnya menamatkan S2 Agricultural Marketing and Business Management di Agricultural Economics Department, University of London pada  tahun 1989.

Sementara itu S1 nya ia selesaikan di Program Studi Agribisnis pada Jurusan Ilmu-Ilmu Sosial Ekonomi, Fakultas Pertanian IPB.
Banyak sekali pencapaian yang ia miliki berawal dari dunia pendidikan sebagaimana mendapat penghargaan Predikat Kelulusan Doktor dengan Cum Laude dari PPS, IPB Bogor, 1998. Kemudian penghargaan Satya Lencana Karya Satya 20 tahun dari Presiden RI, tahun 2008, dan penghargaan Satya Lencana Karya Satya 30 tahun dari Presiden RI, tahun 2019.

Tidak hanya itu ia kemudian dipercaya sebagai Ketua Program Studi Doktor Ilmu Pertanian Unsri, dan Program Studi S2 Magister Agribisnis yang dipimpinnya di Universitas yang sama mendapat penghargaan predikat Akreditasi A pada tahun 2016.

Kemudian sebagai Dekan Fakultas Pertanian Unsri sejak Februari 2017, dalam periode tahun 2017-2020 bertambah 10 program studi S1 yang mendapat predikat Akreditasi A sehingga berjumlah 11 program studi berpredikat Akreditasi A dari total 13 program studi di FP Unsri tersebut.

Tidak hanya pengabdian didunia pendidikan ia juga memberikan pengabdian kepada masyarakat , yang salah satunya Pembinaan dan pemberdayaan masyarakat desa pertanian, 1989 sampai saat ini  dan masih banyak lagi.

Ia juga kerap melakukan penelitan, selama enam tahun terakhir 17 penelitian dalam beberapa topik terkait bidang ilmu  yang ditekuninya. Tidak hanya itu, ia juga aktif menulis, dan kerap bahan tulisannya menjadi bahan para mahasiswa untuk menyelesaikan tugas kuliah, terbukti semasa 12 tahun terakhir sekitar 28 lebih karya tulis yang ia sematkan di artikel.

Sementara itu, pada awal karirnya ia juga pernah menjabat menjadi Ketua Laboratorium Komputasi, Sekretaris Unit Penelitian FP Unsri, Staf Program Tata Ruang, dan Ketua Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian FP Unsri, selain jabatan lain yang telah dikemukakan, dan sekarang ia labuhkan perjuangannya menjadi Rektor Universitas Musi Rawas. Tentunya dari sekian bnyak prestasi yang ia miliki sebelumnya, Universitas Musi Rawas merupakan bagian pendidikan yang menjadi kebanggaan Kabupaten Musi Rawas, diharapkan akan lebih maju pada waktu dipipmpin oleh Prof. Dr.  Ir.  Andy Mulyana, M.Sc. (Pendi)