Menunggu Keputusan KemenPan RB

Silampari Online
LUBUKLINGGAU – Pemerintah Kota Lubuklinggau mengusulkan sebanyak 270 formasi untuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2019 ini. Namun, hingga saat ini belum ada keputusan berapa banyak yang bakal disetujui oleh Kemenpan RB.

Sekda Kota Lubuklinggau, H A Rahman Sani mengatakan bahwa sebanyak 270 formasi CPNS itu telah diusulkan beberapa bulan lalu. Dan tahun ini sebagian besar dan paling banyak formasi untuk guru pendidikan.

“Yang paling banyak itu guru, selebihnya tenaga teknis seperti kesehatan dan lainnya,”ungkap Rahman Sani kepada Harian Silampari, Rabu (7/8).

Dirinya berharap kepada warga masyarakat agar mempersiapkan dirinya untuk mengikuti calon penerimaan PNS lingkup Pemerintah Kota Lubuklinggau ini. Namun berapa banyak yang akan disetujui nanti sampai saat ini belum ada keputusan.

“Sejak pengusulan formasi CPNS kita ajukan beberapa minggu lalu, sampai saat ini belum ada informasi apakah sudah diputuskan diakomodasi atau tidak. Yang jelas persiapkan saja diri terlebih dahulu,”kata Sekda.

Kendati demikian, lanjutnya, pada prinsipnya pemerintah kota sudah siap untuk melaksanakan proses rekrutmen CPNS 2019 untuk memenuhi kebutuhan pegawai yang dibutuhkan. “Karena itu, kita berharap dalam waktu dekat ada informasi terkait keputusan formasi yang kita usulkan itu hendaknya,” ujarnya.

Dikatakan, jumlah formasi yang diusulkan itu didominasi untuk kebutuhan sebanyak kurang lebih ratusan tenaga pendidik. Dan sisanya kurang lebih puluhan itu untuk tenaga kesehatan dan teknis. “Sebenarnya, jumlah formasi yang diusulkan itu masih jauh dari jumlah yang yang kita harapkan, namun kita usulkan memang betul-betul sangat dibutuhkan,”jelasnya.

Belum lagi termasuk proyeksi PNS yang mencapai batas usia pensiun. Karenanya, dengan adanya kesempatan rencana perekrutan CPNS tahun 2019, pemerintah kota telah mencoba mengusulkan 270 formasi untuk memenuhi kekurangan tersebut.

“Total jumlah pensiunan tahun 2019 ini belum jelas karena masih belum habis. Kalau yang 2018 itu ada sekitar 109 lebih kurang. Tapi, harapannya formasi yang diusulkan itu bisa terakomodasi semuanya, sehingga kekurangan CPNS bisa terpenuhi secara bertahap. Dan jumlah usulan formasi CPNS tahun 2019 disesuaikan juga dengan kebutuhan anggaran pemerintah kota, sehingga pemerintah kota juga tidak bisa mengusulkan kebutuhan formasi sekaligus,”pungkasnya.(HS-01)