oleh

Merasa Tidak Mampu, Kades Ini Mengundurkan Diri

Silampari Online 

MUARADUA- Suhermawan Kepala Desa (Kades) Tunas Jaya, di Kecamatan Buana Pemaca, Kabupaten OKU Selatan mundur dari jabatanya sebagai Kepala Desa (Kade). Alasanya simple, karena dia merasa tidak mampu menjalankan tugas tanggungjawabnya dengan baik sebagai Kades.

Diketahui, ia menjabat Kades yang ke-2 kalinya, yang telah dilantik oleh Bupati OKU Selatan pada Tanggal 20 Januari 2020 lalu. Lantaran merasa tak sanggup untuk menjadi Kades dengan baik sehingga ia mengajukan surat permohonan pengunduran diri kepada Pemerintah Kecamatan Buana Pemaca pada Bulan April lalu.

“Ya, Benar ada Kades kita yang mengundurkan diri dengan alasan tak sanggup menjalankan tugas dengan baik, sehingga ia memilih untuk mengundurkan diri, surat permohonannya sudah kita sampaikan ke Dinas PMPD,’’kata Rudi Wahono, SP. SI, MM Plt Camat Buana Pemaca saat dikonfirmasi. Senin (3/5/2021).

Dikatakannya, Kades yang mengundurkan diri tersebut yakni Kades Tunas Jaya, untuk sementara ini roda kepemerintahan sedang di fakumkan sementara sembari menunggu pemilihan Pj yang sedang diproses.

“Tidak ada yang menjalankan kegiatan sementara ini, Dana Desa juga belum dicairkan karena Kades sudah di Non Aktifkan, nanti kalau sudah ada PJ baru bisa berjalan kembali roda pemerintahan Desa,’’terangnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (PMPD) Juproni, S. Pd. I, M. Si, melalui Kepala Bidang (Kabid) Administrasi Pemerintahan Desa dan Kerjasama Antar Desa Zainal Arifin SE juga membenarkan bahwa Kades Tunas Jaya mengundurkan diri.

“Kades Tunas Jaya sudah menyampaikan surat pernyataan mengundurkan diri, saat ini sedang diproses,’’tutur Zainal.

Disampaikan Zainal. Kendati Kades menyatakan mengundurkan diri, namun saat ini masih tetap di peroses oleh Inspektorat, secara mekanisme memang harus dilakukan secara mekanisme, sehingga sementara ini Dinas PMPD belum bisa menambil tindakan sebelum ada rekomendasi dari Inspektorat. (Sumeks.co)