Minta Penulisan Sejarah Ulang

SILAMPARI ONLINE

EMPAT LAWANG – Bupati Empat Lawang, H Joncik Muhammad berharap ada penulisan ulang sejarah berdirinya Kabupaten Empat Lawang, yang benar-benar murni tanpa ada unsur kepentingan.

Muat Lebih

“Saya ingin ada penulisan ulang sejarah yang benar-benar dilakukan oleh orang yang indefenden. Orang yang betul-betul dari akademisi,” ujar Joncik Muhammad, baru-baru ini.

Jangan sampai nanti, kata Joncik, sejarah yang dibuat cuma berdasarkan sudut pandang yang menulisnya. “Sudah banyak yang menulia sejarah Empat Lawang, berbagai versi. Kalau yang menulisnya A, maka yang lebih ditonjolkan si-A, kalau yang menulia si-B, maka yang lebih ditonjolkan si-B,” imbuhnya.

Karena itu, Joncik ingin penulisan sejarah nantinya, benar-benar orang yang independen. Bisa nanti (dianggarkan) di Disdikbud atau kalau memungkinkan Dinasa Perpustakaan dan Arsip Daerah, kalau memungkinkan dengan menggadeng para akedemisi yang benar-benar netral.

“Kita ingin yang menulis sejarah itu akedemisi yang betul-betul objektif, dalam menulis sejarah Empat Lawang,” harapnya. (HS-05)