Minyak Goreng Muba Diyakini TNP2K Mampu Tekan Kemiskinan dan Penyakit

Muba Siap Jadi Lokasi Peluncuran Minyak Goreng Sehat dan Posbindu PTM

SILAMPARI ONLINE


SEKAYU
– Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) Sekretariat Wakil Presiden RI terus berupaya menekan angka kemiskinan di Indonesia, termasuk salah satunya melalui penguatan Pos Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular (Posbindu PTM)

Kepada Bupati Muba, Dodi Reza Alex Noerdin, Selasa (10/0/2019) Tim Komunikasi TNP2K Ari Chandra memaparkan Kabupaten Muba memiliki kelapa sawit yang berkualitas dan bisa diolah menjadi minyak goreng. Penggunaan minyak goreng berbahan sawit diyakini mampu menekan resiko berbagai penyakit. “Muba dipilih sawitnya, karena usulan dari Badan pengelola Perkebunan Kelapa Sawit, kualitas sawit di Muba bagus dan bisa dicontoh daerah lain. Ini alasan Muba akan ditunjuk sebagai sebagai tempat peluncuran Posbindu PTM untuk wilayah Sumsel,” ungkapnya.

Muat Lebih

Ari menyebut Muba adalah pilot project replanting atau peremajaan perkebunan kelapa sawit yang pada 2017 lalu diresmikan secara langsung oleh Presiden RI Joko Widodo. “Kami sangat yakin Muba ini mampu menjadi daerah penghasil kelapa sawit yang sehat dan mampu menekan angka kemiskinan,” tegasnya. Lanjutnya, prevalensi penyakit tidak menular seperti diabetes dan hipertensi terus mengalami peningkatan dan menjadi beban utama pembiayaan kesehatan pembiayaan kesehatan. Perilaku hidup tidak sehat juga disebabkan penggunaan minyak goreng yang tidak sehat. “Upaya promosi kesehaatan dan pencegahan penyakit merupakan kunci utama dalam mengatasi masalah tersebut agar masyarakat dapat memahami dan menjalankan perilaku hidup sehat,” ulasnya.

Ari menambahkan, peluncuran Posbindu PTM serta edukasi penggunaan minyak goreng sehat ini rencananya dilakukan pada Oktober mendatang. “Kami berencana akan menghadirkan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla untuk meresmikannya nanti,” bebernya. Bupati Muba Dodi Reza menyambut baik rencana dari TNP2K Sekretariat Wakil Presiden untuk melakukan launching dan peluncuran minyak goreng sehat dan Posbindu PTM di Muba. “Kalau bicara ini tentu satu siklus berkesinambungan. Pertama dulu Presiden Joko Widodo yang tanam sawit replanting, sekarang Wapres Jusuf Kalla bisa lihat hasilnya yang suistanable, yakni hasil olahan kelapa sawit menjadi minyak goreng yang sehat,” jelasnya.

Dodi menambahkan, hasil olahan kelapa sawit menjadi minyak goreng sehat di Muba nantinya merupakan bagian program hilirisasi kelapa sawit. “Prinsipnya Pemkab Muba akan mendukung kegiatan ini demi kebaikan masyarakat Indonesia khususnya Muba,” pungkasnya. (KHS-02)